Detail Berita

Bimtek Teknologi Budidaya Perbanyakan Benih dan Pengolahan Pasca Panen Pisang dan Jeruk, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Blog Single
Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) bersama dengan BPTP Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Perbanyakan Benih dan Pengolahan Pasca Panen Pisang dan Jeruk di Aula Jene Tallasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Jumat, 24 Desember 2021. Kabupaten Gowa sendiri memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan hortikultura, terutama tanaman buah. 

Sesuai data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, pada tahun 2020 lebih dari 10.000 ton pisang dan 828 ton jeruk yang berhasil dikembangkan di wilayah ini. “Pisang produksi Kabupaten Gowa termasuk pisang yang diekspor ke Hongkong dan Malaysia sejak tahun 2019,” ujar Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya.

Koordinator Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Hortikultura, Dr. Waryat hadir membuka acara. Turut hadir Kepala BPTP Sulawesi Selatan, Dr. Abdul Wahid, dan Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Hj. Nurwanty Syam, MSi. 

Bimtek ini dihadiri oleh 75 petani dari Kelompok Tani di Kabupaten Gowa yang tampak sangat antusias dengan pemaparan budidaya pisang oleh Drs. Edison HS dari Balitbu Tropika dan budidaya jeruk oleh Ir. Sutopo dari Balitjestro. Selain mendapatkan ilmu dan inovasi baru yang disampaikan oleh para narasumber, peserta juga dapat berdiskusi dan menyampaikan harapan mereka kedepannya demi kemajuan pertanian hortikultura di Kabupaten Gowa.

Harapannya, bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani di Kabupaten Gowa dalam berusaha tani demi peningkatan kesejahteraan.


Share this Post: