Detail Berita

Rakor lingkup Puslitbang Hortikultura 2021

Blog Single
Rabu, 24 November 2021. Dalam mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern. Puslitbang Hortikultura melaksanakan Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Merah Delima dalam kerangka kegiatan Flag Ship Badan Litbang Pertanian yaitu Riset Pengembangan Inovasi Kolaborasi (RPIK). Rakor dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Litbang Pertanian dan dihadiri oleh Kepala Puslitbang Hortikultura, Kepala UPT Balitbu Tropika, Balitsa, Balithi dan Balitjestro, Koordinator, subkoordinator, Penanggungjawab Kegiatan RPIK, peneliti dll. Kepala Puslitbang Hortikultura dalam 
melaporkan progres dari pelaksanaan kegiatan RPIK di Puslitbang Hortikultura yang dilaksanakan oleh UPT antara lain untuk komoditas bawang putih di Jawa Tengah dan Bali; kentang di Jawa Tengah; mangga di Jawa Timur dan Jawa Barat; Jeruk di Jawa Timur, Kalbar dan Sumbar; krisan di Sulawesi Utara dan Bali; dan pisang di NTT dan Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Litbang Pertanian dalam sambutannya menyampaikan bahwa RPIK di rancang sebagai program prioritas. Kata kunci dalam kegiatan ini adalah kolaborasi dan sinergi sehingga SDM Balitbangtan yang begitu besar bisa bergabung dalam suatu pemikiran yang sama untuk menghasilkan 1 inovasi yang berdampak langsung secara sosial luas di masyarakat.  Para peneliti bersatu mencurahakn pemikiran dari hulu sampai hilil untuk pencapaian output yang dinginkan. Kegiatan RPIK diapresiasi oleh baik ole Komisi IV dan Bapak Menteri Pertanian RI sendiri meminta ke Esselon I lainnya untuk menggunakan varietas unggul dari Litbang Pertanian untuk pengembangan di petani, ujarnya.

Adapun acara Rakor lingkup Puslitbang Hortikultura antara lain : Cross cuting issue; paparan implementasi SKP berbasis matrik proses hasil (MPH); paparan kinerja RPIK pengembangan inovasi proliga bawang putih berbasis kawasan; paparan kinerja RPIK peningkatan nilai tambah daya saing produk kentang menuju kawasan bioindustry berkelanjutan; paparan kinerja RPIK pengembangan invensi dan inovasi untuk peningkatan nilai tambah serta daya saing krisan skala kawasan; paparan kinerja RPIK riset teknologi inovasi pengembangan jeruk; paparan kinerja RPIK riset mendukung pengembangan pisang di NTT dan Sulsel; dan peparan kinerja RPIK pemanfaatan inovasi teknologi untuk meningkatakan nilai tambah dan daya saing mangga (NRA dan Krn)

Share this Post: