Detail Berita

Bimtek Pisang, Nunukan, Kalimantan Timur

Blog Single
Kamis, 19 November 2021, Dalam rangka mendukung Diseminasi serta hilirisasi teknologi inovatif komoditas hortikultura Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura bertandang ke Provinsi Kalimantan Utara untuk menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya dan Perbanyakan Benih Pisang. Bekerjasama dengan BPTP Kalimantan Timur, kegiatan diselenggarakan di Aula Kompelks Perkantoran Gedung Gabungan Dinas-Dinas (Gadis I) Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara dengan mengundang 100 peserta dari kalangan petani, KWT, Kelompol Tani,  PPL  serta CPCL penerima benih pisang barangan 
Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Prov. Kaltara Ir. Heri Rudiyono, M.Si., Kepala Karantina Prov. Kaltara, Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan Masniadi, S.Hut,. MAP, Kepala Puslitbang Hortikultura diwakilkan Kepala Bagian Tata Usaha Asrul Koes, SP., M.Si, Disperindagkop Prov. Kaltara, dan Kepala BPTP Kaltim Dr. Fausiah T. Ladja., S.P., M.Si.

Asrul Koes juga menyampaikan bahwa Pelaksanaan Bimtek ini sangat penting kami lakukan dalam rangka menindaklanjuti arahan Bapak Menteri Pertanian pada saat Kunker di Provinsi Kaltara dimana Badan Litbang Pertanian mendapat tugas untuk menyediakan benih pisang sebanyak 10.000 benih/anakan. Tentunya kami di Puslitbang Hortikultura siap menindaklanjuti arahan tersebut dan Kami sampaikan proses distribusi benih pisang ke Kalimantan Utara tepatnya pada tanggal 27 November 2021.

Masniadi dalam sambutannya mewakili Bupati Kab. Nunukan menyampaikan bahwa Kabupaten Nunukan kawasan memilik letak yang strategis yang secara geografis berbatasan langsung dengan negara tetangga, yang juga dapat berfungsi sebagai kawasan lindung dan budidaya. Komoditas hortikultura yang berkembang antara lain cabai, semangka, buah naga, melon, pisang, manggis dll. Diharapkan pengembangan pisang dan komoditasa horti lainnya dapat meningkatakan nilai tambah dan juga meningkatkan kesejahteraan petani/masyarakat serta mewujudkan ekspor, ujarnya. 

Dalam acara bimbingan teknis dihadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan, Masniadi, S.Hut,. MAP dengan materi “Kondisi eksisting komoditas pisang di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara, selanjutnya peneliti dari Balai Penelitian Buah Tropika, Dr. Yose Zendra Jono, SP., M.SI dengan materi “Teknologi budidaya dan perbanyakan benih pisang” dan dari Puslitbang Hortikultura, Dr. Noor Roufiq Ahmadi, MP dengan materi “Teknologi pascapanen pisang”. Kegiatan bimtek ditutup oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbang Hortikultura.

Share this Post: