Detail Berita

Bimtek Perbenihan dan Budidaya Bawang Putih di Kerinci, Jambi

Blog Single
Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan dan Budidaya Bawang Putih dilaksanakan melalui kerjasama Puslitbanghorti dan BPTP Jambi, bertempat di Aula Pertemuan Mess Pemda Kerinci di Kayu Aro, Jum'at 19 November 2021. 

Bimtek dihadiri oleh 100 orang peserta yang merupakan petani bawang putih dan petani hortikultura lainnya, PPL dari BPP Kayu Aro, Kayu Aro Barat dan Gunung Tujuh, Camat Kayu Aro, Koordinator UPTD Penyuluh, Kabid Hortikultura dan Kepala Dinas TPH Kerinci, Dinas TPHP Prov Jambi, Kepala BPTP Jambi dan Kepala Pusat Litbang Hortikultura yang diwakili oleh Koordinator PE Puslitbanghorti dan tim.

Sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas TPH Kerinci (Radium Khalis, SP. M.Si). Kepala Dinas  menyampaikan terima kasih atas kerjasama selama ini antara Balitbangtan khususnya BPTP Jambi dan saat ini didukung sepenuhnya oleh Puslitbanghorti, harapan ke depannya adalah untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan VUB Bawang Putih. 
Harapan lainnya, mengingat banyak potensi pengembangan hortikultura seperti buah buahan sehingga diharapkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balitbu Tropika bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Sambutan Kepala BPTP Jambi yang mengutarakan historis pengembangan dan pengkajian Bawang Putih oleh BPTP Jambi di Kerinci sudah dimulai sejak tahun 2017 hingga saat ini, sampai dengan pelepasan varietas lokal yaitu VUB Jangkiriah Adro. Selanjutnya masih diperlukan pendampingan dan kerjasama supaya bawang putih semakin berkembang.

Sambutan dan sekaligus membuka acara Bimtek ini  disampaikan oleh Kapus Litbang Hortikultura yang di Wakili oleh Koordinator PE Puslitbang Hortikultura yaitu Dr. Waryat, MP. Kondisi dan potensi alam Kerinci sangat indah, subur dan bagus, semoga semakin disyukuri dan dimanfaatkannya sebaik-baiknya oleh petani di Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.  Puslitbanghorti akan sangat mendukung pengembangan hortikultura karena telah tersedia Inovasi Hortikultura  dan SDM yang mumpuni dalam penyedia informasi teknologi  serta pendampingan di lapang.

Varietas bawang putih Jangkiriah Adro kita upayakan berumbi besar dan berproduksi tinggi. Teknologi Proliga (Produksi lipat ganda) dapat diaplikasikan untuk pengembangan bawang putih dan hortikultura lainnya. Kualitas dan produktivitas bawang putih lokal kita tidak kalah dengan impor, tinggal kita lebih memfokuskan komoditas mulai dari hulu sampai hilir. Selanjutnya untuk pendamping dan program lainnya dapat secara administrasi dan komunikasi dihubungankan mulai dari BPTP, Puslitbanghorti dan Badan Litbangtan, serta dukungan supaya petani selalu semangat untuk pengembangan bawang putih dan hortikultura lainnya.

Selanjutnya kegiatan dilakukan melalui pemaparan narasumber yaitu oleh Kepala Dinas TPH Kerinci terkait pengembangan bawang putih dan komoditas hortikultura lainnya di Kecamatan Kayu Aro dan Kabupaten Kerinci. Kemudian Dr. Desi Hernita memaparkan inovasi teknologi budidaya tanaman bawang putih seperti proliga, serta Jon Hendri SP, MSi memberi gambaran mengenai pengelolaan perbenihan tanaman bawang putih.

Bimtek dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke lokasi  Bawang Putih, cabai, kentang, alpukat dan jeruk.


Share this Post: