Detail Berita

Menteri Pertanian RI Tantang Eksportir Keripik Kentang Medians Tingkatkan Ekspor Hingga 100 Milyar

Blog Single
(Lembang, 3/11/2021) Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo sambangi Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) dalam kegiatan Gelar Inovasi Teknologi Kentang. Setelah sebelumnya kunjungi beberapa Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis Badan Penelitian dan  Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), ada yang unik dalam kunjungan beliau kali ini. Dalam sambutannya, Menteri Pertanian RI menyanyikan lagu Tanah Air Beta bersama hadirin dalam sambutannya. Lagu yang berkumandang syahdu di tengah rintik hujan mengingatkan seluruh hadirin tentang cinta pada tanah air yang salah satunya melalui pertanian. 

Dalam kegiatan, Menteri Pertanian launching tiga varietas kentang yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan, yaitu Kentang Varietas Medians, Golden, dan Ventury. Kentamg Varietas Medians telah dirilis pada tahun 2013 ini, memiliki potensi hasil sebesar 32 ton per ha dan tahan hama penyakit. Varietas ini cocok digunakan untuk olahan keripik. Kentang Varietas Golden dirili tahun 2020, memiliki bentuk memanjang dan berwarna kuning. Potensi hasil Varietas Golden mencapai 25 ton per ha  dengan umur panen 110 hari  dan cocok dijadikan untuk kentang goreng. Kentang Varietas Ventury sendiri merupakan perbaikan Varietas Medians. Varietas Ventury dirilis tahun 2020 dengan 33 ton per ha untuk olahan keripik kentang. 

Kepala Balitbangtan, Fadry Djufry menyampaikan bahwa Balitsa telah mampu menghasilkan Kentang Varietas Medians untuk keripik kentang yang tahun ini berhasil diekspor dengan nilai 2,8 milyar rupiah. Pasar ekspor keripik kentang Varietas Medians tahun ini adalah  Amerika dan China. "Aku mau terima kasih ke eksportir, nih. Saya seneng banget hari ini kita ekspor kentang. Kita buat jadi 100 milyar bisa ya? Kami (Kementerian Pertanian RI) siap dukung." ujar Menteri Pertanian dalam arahannya. 

Selain itu, dalam kegiatan diserahkan pula bantuan berupa 400 botol planlet dan 10.000 stek kentang oleh Menteri Pertanian RI kepada penangkar. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara Balitbangtan dengan mitra yang disaksikan oleh Menteri Pertanian RI. Puslitbanghorti sendiri melalui Balitsa menandatangani kerja sama lisensi dengan beberapa mitra, yaitu PT Asagro Makmur Alam (lisensi Kentang Varietas Golden Agrihorti), PT Dieng Agro Mandiri (lisensi Kentang Varietas Ventury Agrihorti), CV Agro Bumi Sejahtera (lisensi Cabai Varietas Kencana), Koperasi Agromandiri (pengembangan Kentang Varietas Granola-L dan Bawang Merah Varietas Trisula), dan PT Agra Intan Makmur Sejahtera (penyediaan benih sumber kentang kelas penjenis planlet Varietas Granola-L). 

Kegiatan ditutup dengan sesi icip-icip dan kunjungan Menteri Pertanian RI ke booth pameran.  Terdapat setidaknya 30 booth pameran yang menghadirkan berbagai macam pihak, baik dari swasta maupun instansi pemerintah termasuk ligkup Puslitbanghorti (IMNS photo by: PS)

Share this Post: