PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Buah Tropika, Upaya Tingkatkan Agribisnis Buah Nusantara

Buah Tropika, Upaya Tingkatkan Agribisnis Buah Nusantara

Upaya meningkatkan gairah agribisnis buah nusantara juga dilaksanakan temu bisnis yang dihadiri oleh semua pelaku agrinisnis mangga yaitu petani/pengusaha mangga, calon petani, perusahaan packaging skala internasional, serta pasar modern (supermarket). Hadir dalam kesempatan tersebut juga Pemda beberapa Provinsi dan Kabupaten, Perguruan Tinggi. 

Pada kesempatan tersebut Balitbangtan menginformasikan teknologi yang telah dihasilkan terutama komoditas mangga kepada seluruh stakeholder untuk dapat diterapkan dan berkembang dalam skala komersial. Hal tersebut dapat diraih jika seluruh pelaku agribisnis mangga dari hulu sampai hilir saling bersinergi dalam menjalankan perannya serta diharapkan mampu  secara efektif menciptakan jejaring agribisnis mangga di Indonesia

Dalam temu bisnis tersebut, masukan bagi para peneliti agar dapat menciptakan mangga yang manis tidak perlu sampai menunggu matang di pohon sesuai dengan preferensi konsumen.  Petani dan pengusaha antusias untuk menanam dalam skala luas, perusahaan packaging dan pasar modern untuk retail masih kekurangan pasokan mangga dan sangat antusias, maka yang kita perlukan saat ini kemauan untuk bersinergi mengembangkan Buah Tropis Nusantara. 

Pengunjung sangat antusias, hampir 1000 tamu hadir dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai motivasi seperti menambah pengetahuan, mencari peluang usaha, menambah materi pengajaran, bahkan hobby.Dari diskusi yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam, banyak hal-hal penting yang mengemuka yang diidentifikasi dapat menghambat perkembangan agribisnis mangga, salah satunya adalah keraguan pelaku agribisnis on-farm dalam mengembangkan komoditas hortikultura khususnya mangga karena tidak adanya jaminan keberhasilan dalam produksi.

Diakhir acara disepakati untuk membentuk jejaring  agribisnis mangga Indonesia berbasis IT  agar terbangun komunikasi yang intensif, baik antara Balitbang Pertanian dengan pelaku agribisnis maupun sesama agribisnis mangga.

Sarasehan dan temu bisnis