PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Pemerintah Kabupaten Batang tertarik mengembangankan Hortikultura

Pemerintah Kabupaten Batang tertarik mengembangankan Hortikultura

Kerjasama memiliki arti penting bagi Puslitbang Hortikultura untuk mempercepat menghasilkan invensi, mempercepat diseminasi inovasi teknologi, memperkuat invensi dan alih teknologi non lisensi. Tanggal 14-16 April 2016 pada Rapat Kerja Puslitbang Hortikultura di Bogor telah dilalukan inisiasi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya tertuang dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara Balitbangtan dengan Pemerintah Kabupaten Batang tentang “Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Kawasan Agrowisata di Kabupaten Batang” pada tanggal 6 September 2016. 

Memindah lanjuti MoU yang telah dilakukan, pada tanggal tanggal 23 Februari 2017 Kepala Bappeda Kabupaten Batang, Sekda Kabupaten Batang, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang didampingi Kepala Balithi melakukan kunjungan ke Puslitbang Hortikultura. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puslitbang Hortikultura menyampaikan produk-produk dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Pusltibang Hortikultura sampai saat ini. Kepala Bappeda Kabupaten Batang menyampaikan keinginannya untuk dapat membangun sinergi dengan Puslitbang Hortikulura dalam kerangka kerja pendampingan aplikasi teknologi pertanian dalam pengembangan kawasan agribisnis dan kawasan agrowisata, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan penyediaan serta pemanfaatan benih sumber tanaman berbasis inovasi untuk pengembangan agribisnis dan agrowisata di Kabupaten Batang.

“Puslitbang Hortikultura dengan balai penelitian di bawahnya siap berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Batang dalam dalam membangun grand desain dan pengembangan komoditas hortikulura sesuai dengan agroekosistem zone di Kabupaten Bantang” ujar Dr. Hardiyanto, M.Sc diakhir pertemuan. (Turyono)

Publikasi