PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Optimalisasi Perbanyakan Benih dan Budidaya Mangga Berbasis Inovasi dalam rangka Peningkatan Daya Saing di Pasar Domestik dan Ekspor mendukung Kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK)

Optimalisasi Perbanyakan Benih dan Budidaya Mangga Berbasis Inovasi dalam rangka Peningkatan Daya Saing di Pasar Domestik dan Ekspor mendukung Kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK)

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Litbang Pertanian pada hari rabu, 30 Juni 2021 menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis riset pengembangan inovatif kolabratif (RPIK) Mangga. Bertempat di aula kantor dinas pertanian Kabupaten Cirebon dengan tema “Optimalisasi Perbanyakan Benih dan Budidaya Mangga Berbasis Inovasi dalam rangka Peningkatan Daya Saing di Pasar Domestik dan Ekspor”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Cirebon yang diwakili oleh Drs. H. Suhartono, M.Si. Kabag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon dan Kepala BPTP Jawa Barat. Bimtek ini juga dihadiri oleh para petani mangga dari berbagai kelompok tani, para penyuluh pertanian, para tokoh masyarakat, serta para narasumber yang berkompeten di bidangnya.
Dalam sambutannya Drs. H. Suhartono, M.Si. menyampaikan bahwa arah kebijakan pembangunan agribisnis Kabupaten Cirebon, dan potensi pengembangan tanaman mangga di kabupaten cirebon. Kabupaten Cirebon mencatatkan nilai ekspor mangga sebesar US$ 101.252,9 (sumber: Disdagin Kab. Cirebon th 2017). Dengan terselenggaranya RPIK Mangga di Kabupaten Cirebon, diharapkan dapat membantu mendorong peningkatan produksi mangga baik dari sisi kuantitas, kualitas, maupun kontinuitas, sehingga kesejahteraan petani mangga di Kabupaten Cirebon pada khususnya akan meningkat.

Adapun materi yang disampaikan pada kesempatan ini adalah 1. Peningkatan Produksi dan Kualitas Tanaman Mangga Berbasis Inovasi Teknologi Ultra High Density Planting (UHDP) dan Off Season yang disampaikan oleh Sri Yulianti, M.Si, 2 Perbanyakan Benih Tanaman Mangga Berdasarkan SOP yang disampaikan oleh Karsinah, M.S, 3. Pengenalan & Pengendalian Hama Utama Tanaman Mangga Berbasis Bioekologi yang disampaikan oleh Dr. Affandi, 4. Penanganan Segar Buah Mangga yang disampaikan oleh Dr. Dondy.

Publikasi