PUSLITBANG HORTIKULTURA   
I Made Sumiarta: Kami Berharap Buleleng Jadi Sentra Tanaman Hias Dataran Rendah

I Made Sumiarta: Kami Berharap Buleleng Jadi Sentra Tanaman Hias Dataran Rendah

Hari kedua kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis RPIK Krisan 2021 di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dihadiri 40 peserta yang terdiri dari para pelaku usaha tani tanaman hias.

Pembukaan acara dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta yang dalam sambutannya berpesan agar kegiatan ini dapat diikuti secara serius oleh peserta agar tujuan dilaksanakannya Bimtek ini dapat tercapai.

Sumiarta juga menyatakan harapannya menjadikan Buleleng ini dapat menjadi sentra tanamana hias datraan rendah.

Kepala BPTP Bali Dr. I Made Rai Yasa turut mempresentasikan materi secara virtual dengan judul Potensi dan Permasalahan Pengembangan Krisan di Provinsi Bali.

Rai menyampaikan potensi yang dimiliki Bali untuk pengembangan krisan sangat menjanjikan karena Bali memiliki konsumen krisan yang cukup besar.

Realita dilapangan yang ditemui luas areal pertanaman krisan semakin menurun dengan beralih fungsinya lahan dan perubahan komoditas yang ditanam petani, Ujar Rai dalam presentasinya.

Rai menambahkan untuk mengatasi kendala ini perlu dilakukan Demplot atau Denfarm krisan baik itu di dataran tinggi maupun dataran redah di provinsi Bali. 

Pemateri dari Balithi terdiri dari Dr. Herni Shintiavira dan Ir. Wakiah Nuryani dengan topik bahasan seputar perbenihan krisan dan pembuatan pupuk hayati untuk pengembangan krisan di Bali.

Publikasi