PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Expose Inovasi Buah Tropika, Mentan: Jaga Baik-baik ini Semua

Expose Inovasi Buah Tropika, Mentan: Jaga Baik-baik ini Semua

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Ekspose Inovasi Buah Tropika 6-9 April 2021 di Unit Pelaksana Teknis Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu Tropika) Solok - Sumatera Barat dan dihadiri Materi Pertanian RI Dr. Syahrul Yasin Limpo dan para pejabat eselon I lingkup Kementerian Pertanian serta jajaran pimpinan daerah provinsi Sumatera Barat dan Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan).

Dalam sambutannya Menteri Pertanian mengatakan Balai Penelitian (Balitbu Tropika) ini adalah milik pemerintah daerah juga, jaga baik-baik ini semua agar bisa menembus kepentingan nasional, hal ini disampaikan kepada pejabat daerah yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry  mengatakan hari ini di Balitbu kita perkenalkan beberapa varietas yang terkait dengan buah tropika termasuk teknologi pendukungnya.

Fadjry meminta hasil yang telah diperoleh Balitbangtan khususnya Balitbu Tropika tidak hanya sekedar riset tetapi dapat dimanfaatkan untuk seterusnya oleh masyarakat luas, oleh karena itu kita akan membangun kawasan pertanian berskala ekonomi dari hulu sampai hilir.

Balitbu Tropika selama ini telah melepas 54 varietas unggul baru yang terdiri dari komoditas mangga, pisang, manggis, salak, durian dan pepaya. Ujar Fadjry.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan 10 ribu benih pisang kepok varietas Tanjung oleh Menteri Pertanian kepada Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat sebagai bantuan untuk selanjutnya diberikan kepada petani yang berada di wilayah Sumbar.