PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Bimtek Pengendalian Hama Penyakit Durian dengan Budidaya Sehat

Bimtek Pengendalian Hama Penyakit Durian dengan Budidaya Sehat

Bimtek Padat Karya Diseminasi Inovasi Teknologi Hortikultura, Puslitbang Hortikultura mengenalkan Pengendalian Hama Penyakit Durian dengan Budidaya Sehat , Kamis 25 Maret 2021 di Teknopark Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Prayitno, S.Hut, MM dalam sambutanya sangat berharap para petani dan penyuluh dapat mengikuti dengan baik dan berpesan agar dapat memanfaatkan bimtek ini dengan sebaik-baiknya.

Materi yang disampaikan  adalah Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Durian dengan Budidaya Sehat yang disampaikan oleh Peneliti Durian dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika), Dr. Panca Jarot Santoso. Dalam paparannya Panca Jarot menjelaskan Bahwa penanggulangan hama dan penyakit merupakan hal yang sangat penting dalam usaha tani tanaman durian. Oleh karena serangan hama dan penyakit dapat menurunkan produksi dan kualitas buah, bahkan dapat mematikan tanaman durian. Penanggulangan hama dan penyakit dapat dilakukan seperti mencegah masuknya hama dan penyakit ke lokasi kebun dengan karantina bibit, memusnahkan tanaman, sampai melakukan sanitasi kebun dengan baik. Menanam tanaman pelindung juga dilakukan untuk mengalihkan serangan hama dan penyakit pada durian.

Adapun hama yang sering menyerang tanaman durian adalah hama penggerek batang, Batocera Naminator,  Xylentus Lenconotus, Lamzera Coffeae. Hama ini menyerang dengan membuat lubang pada batang, dahan dan ranting. Ciri-ciri serangan penggerek tersebut ditandai dengan adanya lubang yang disertai kotoran dan cairan berwana merah dari bekas kayu yang diserang penggerek, akibat serangan tersebut tanaman menjadi layu, daun – daun kering dan rontok akhirnya tanamanpun mengalami kematian.

Peserta bimtek yang terdiri dari penyuluh dan petani sangat antusias dengan kegiatan bimtek ini, terutama pada saat sesi tanya jawab mengenai hama penyakit pada tanaman durian.