PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Gelar Bimtek Padat Karya, Pemalang

Gelar Bimtek Padat Karya, Pemalang

Sebagai rangkaian dari Bimtek Padat Karya Diseminasi Inovasi Teknologi Hortikultura, Puslitbang Hortikultura bekerja sama dengan  Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang mengadakan Bimtek Teknologi Budidaya Melati, Kamis (25/3) di Kantor BBP Ulujami, Desa Mojo, Kabupaten Pemalang.

Kecamatan Ulujami merupakan sentra agribisnis melati di Kabupaten Pemalang. Pertanian bunga melati di Kecamatan Ulujami juga termasuk dalam rencana pembangunan kawasan perdesaan sentra agribisnis Pemerintah Kabupaten Pemalang tahun 2019-2023. Dalam perencanaan agri bisnis di Kecamatan Ulujami tersebut, terdapat 8 desa yang menjadi sentra pertanian bunga melati, yaitu Desa Tasikrejo, Desa Kaliprau, Desa Kertosari, Desa Blendung, Desa Ketapang, Desa Limbangan, Desa Pesantren dan Desa Mojo.

Slamet Ediriyanto, Kasie Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang dalam sambutannya berpesan kepada para petani untuk dapat mengikuti bimtek ini dengan cermat. “Semoga kegiatan bimtek ini dapat bermanfaat karena petani melati di Pemalang adalah petani yang handal”, lanjutnya menambahkan.

Teknologi budidaya melati dari mulai persiapan bibit tanaman, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga pengendalian hama disampaikan oleh Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Musalamah, SP. Selain untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, bimtek ini juga merupakan sarana diseminasi bagi peneliti untuk memperkenalkan inovasi dan teknologi budidaya hortikultura.

Peserta bimtek yang terdiri dari petani dan masyarakat sekitar terlihat sangat antusias dalam sesi diskusi. Dengan adanya bimtek ini, petani Desa Mojo diharapkan dapat memperbanyak bibit sendiri.