PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Puslitbang Hortikultura, Gelar Bimtek Padat Karya Budidaya Bawang Putih

Puslitbang Hortikultura, Gelar Bimtek Padat Karya Budidaya Bawang Putih

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Padat Karya. Kegiatan yang diadakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bawang, Kabupaten Batang, Rabu 24 Maret 2021

Materi yang disampaikan pada Bimtek Padat Karya tersebut adalah Budidaya Bawang Putih dengan narasumber dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Nazly Aswandi, MSi. Dalam paparannya Nazly menjelaskan Bahwa Bawang putih ditetapkan menjadi komoditas strategis yang harus kecukupan produksinya untuk swasembada. Komponen teknologi ini adalah varietas unggul bawang putih yang telah dilepas oleh Balitbangtan, benih bermutu, pemilihan ukuran benih yang tepat, peningkatan populasi tanaman perhektar, pengelolaan air dan hara serta pengendalian terpadu.

Bawang putih (Allium sativum L) meruapkan salah satu komoditas hortikultura yang penting. Bawang putih berguna sebagai pelengkap bumbu masak, sebagai obat anti jamur dan bakteri, serta dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

Tanaman bawang putih akan tumbuh baik jika ditanam di dataran tinggi di atas 1.000 m dpl. Curah hujan optimal untuk pertumbuhan bawang putih berkisar antara 100-200 mm/bulan. Suhu rendah dan kondisi curah hujan terlalu tinggi akan mempersulit pembentukan siung. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan bawang putih adalah gromusol (ultisol) dengan pH netral.

Perwakilan dari Puslitbanghorti Dr. Rudi Hartono menjelaskan bahwa selain diseminasi, bimtek diharapkan dapat membantu perbaikan ekonomi petani melalui penerapan teknologi tepat guna yang dapat menghasilkan.

Kepala Bidang Hortikultura Kabupaten Batang Sutadi Ronodipuro, SP, MM sangat berharap para peserta dapat mengikuti dengan baik dan dapat memanfaatkan bimtek ini  sebaik-baiknya

Balai Penelitian Tanaman Sayuran - Balitsa 
Balai Penelitian Tanaman Hias 
Balitbu Tropika 
Balitjestro Indonesia

Publikasi