Detail Berita

Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Komoditas Hortikultura, Kabupaten Mamuju

Blog Single
Cabai merah (Capsicum annuum) merupakan komoditas sayuran yang memiliki banyak manfaat, bernilai ekonomi tinggi dan mempunyai prospek pasar yang menarik. Tanaman ini cocok dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan kondisi tanah yang berstruktur remah atau gembur, subur, kaya akan bahan organik.

Puslitbang Hortikultura menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Komoditas Hortikultura. Bimtek kali ini diselenggarakan di wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, tepatnya di Gedung Serbaguna SMK Kakau, Jumat (11/11). Mengangkat tema budidaya cabai, Puslitbang Hortikultura mengundang penyuluh dan petani Hortikultura yang ada diKabupaten Mamuju.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Kabupaten Mamuju yang kali ini di wakili oleh Kepala Bidang Hortikultura, Mahyuddin, SP, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam ada dua komoditas yang menjadi fokus utama dalam pengembangan hortikultura yaitu komoditas cabai dan bawang merah. Hal ini dikarenakan cabai dan bawang merah menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi (volatile foods). Gangguan suplai domestik akibat pengaruh cuaca menjadi penyebab tingginya kenaikan harga cabai ini. 

Cabai rawit dan cabai besar merupakan salah satu penyumbang infasi terbesar di kabupaten mamuju disamping dari perikanan yaitu tuna dan tongkol. rangka pengendalian inflasi, pemerintah menghimbau untuk melakukan gertam (gerakan tanam) cabai. Lebih lanjut beliau mengatakan salah satu permasalahan petani cabai di lapangan adalah harga yang tidak stabil dikarenakan pengaruh dari cuaca ekstrim, untuk itu petani perlu pengetahuan mengenai pengaturan pola tanamnya. Terdapat 2 kecamatan yang menjadi sentra produksi cabai seluas 20 hektare yaitu terdapat dikaluku dan kaluku utara.

Kapala Puslitbang Hortikultura yang diwakili oleh kepala Balai Pengkajian teknologi pertanian Sulawesi Barat Dr. Nurdiah Husnah, M.Si mengatakan bahwa salah satu bentuk dukungan dari Puslitbang Hortikultura, BSIP, Kementerian Pertanian terutama dalam peningkatan kapasitas pengetahuan dan kompetensi petani di lapangan adalah melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Komoditas Hortikultura terutama komoditas Cabai. Semoga dengan adanya bimtek ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi petani Kabupaten Mamuju untuk meningkatkan produksi cabai dan menjaga kestabilan pangan nasional.

Pada Acara Bimtek kali ini Puslitbang Hortikultura menyerahkan benih cabai dan benih sayuran kepada kepala BPTP dan Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan. Adapun benih yang diserahkan adalah varietas Lembang 1 (Cabai Keriting), Lingga (Cabai Besar), Rabani Agrihorti (Cabai Rawit), dan Inata Agrihorti (Cabai Besar Hibrida), buncis tegak, kacang Panjang dan benih sayuran lainnya.
Share this Post: