Detail Berita

Badan Litbang Pertanian Terima Penghargaan dari Bupati Tanah Datar

Blog Single
Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala Puslitbang Hortikultura menerima penghargaan dari Bupati Tanah Datar atas Pendampingan dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Tropika di Kabupaten Tanah Datar. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, MH kepada Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Muhammad Taufiq Ratule pada Jum’at (28/10) di Batu Sangkar.

Pada sambutannya, Kepala Puslitbang Hortikultura mengucapkan terimakasih atas apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian di bidang perbenihan tanaman buah tropika.

Kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar sudah berlangsung sejak lama. Beberapa dukungan telah diberikan oleh Badan Litbang Pertanian, khususnya melalui Balitbu Tropika, diantaranya adalah melakukan distribusi benih sumber tanaman buah tropika ke Kabupaten Tanah Datar selama 5 tahun terakhir sejumlah 473 batang yang terdiri dari batang durian, batang alpukat, batang mangga, batang manggis dan batang salak. Benih yang telah didistribusikan merupakan benih label putih yang lebih dikenal masyarakat sebagai benih indukan. Benih tersebut merupakan sumber benih bagi penangkar untuk pengembangan benih tanaman buah selanjutnya.

Badan Litbang Pertanian melalui Balitbu Tropika juga melakukan pendampingan proses pendaftaran varietas durian dan pendampingan penangkar benih tanaman buah tropika Sungai Tarab, membantu karakterisasi durian calon varietas unggul lokal yang berasal dari daerah Gunung Rajo dan Sungayang, dan melakukan penelitian untuk menghasilkan Teknologi Pengendalian Penyakit Layu Fusarium di Nagari, Sungai Tarab.

“Kerjasama yang baik ini kiranya perlu ditingkatkan untuk menghasilkan logistik pangan yang berkelanjutan”, ujar Kepala Puslitbang Hortikulutura.

Lebih lanjut, beliau berharap agar kolaborasi antara pemerintah daerah Tanah Datar dengan Badan Litbang Pertanian yang sudah terjalin sebelumnya tetap terus terjalin dan menjadi kolaborasi dengan lembaga yang baru (BSIP), terutama terkait dengan standardisasi instrumen pertanian yang nantinya akan menjadi mandat utama BSIP, di samping tugas lainnya terkait penyiapan logistik pangan dan pendampingan di lapangan. (krn)
Share this Post: