Detail Berita

Field Day Inovasi Teknologi Tanaman Hias, Poncokusumo 1-2 Oktober 2010

Blog Single
Field Day Inovasi Teknologi Tanaman Hias yang berlangsung di Poncokusumo, Kabupaten Malang berlangsung sukses dan meriah. Agenda pelaksanaan acara tersebut dimulai pada tanggal 1 oktober 2010 adalah acara sarasehan yang berlangsung di Aula Pertemuan BPTP Jawa Timur yang dihadiri oleh seluruh pengambil kebijakan di bidang pertanian lingkup Kabupaten Malang, Floris, Petani dan sub sektor lain yang terkait, telah menghasilkan beberapa agenda komitmen pengembangan kawasan hortikultura yang berbasis sumber daya nasional di Kabupaten Malang pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

Acara Field day Inovasi Teknologi Tanaman Hias dilanjutkan dengan kunjungan lapang pada tanggal 2 Oktober 2010 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Ad Interim (Ir. Ning Pribadi, MSc) dan Bupati Malang. Acara kunjungan lapang dihadiri oleh beberapa pejabat lingkup Kementerian Pertanian diantaranya Kantor Pusat PVT, Direktorat Jenderal Hortikultura dan jajaranya, Pemda Kab. Malang, Pemkot Malang dan Kota Batu, kalangan akademisi, mahasiswa dan pelajar, serta masyarakat Pemerhati tanaman hias. Menurut laporan Ketua Panitia/Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Dr. Muchdar Soedarjo, MSc), pelaksanaan kegiatan Field day Inovasi Teknologi Tanaman Hias merupakan langkah terobosan Badan Litbang Pertanian yang memegang mandat sebagai penghasil teknologi inovasi untuk turut menggairahkan agribisnis tanaman hias nasional khususnya dalam mendukung program pengembangan kawasan hortikultura di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang.Dalam paparannya, Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, instansi, kelompok masyarakat, dan SKPD di Kabupaten Malang dalam mendukung pelaksanaan Field day Inovasi Teknologi Tanaman Hias tersebut. Dalam kegiatan pelaksanaan tersebut, juga dimeriahkan oleh acara pemecahan 2 (dua) rekor MURI yaitu lomba merangkai bunga dengan kategori peserta perangkai terbanyak (600 orang) dan Institusi pelepas varietas terbanyak dalam kurun satu tahun (25 varietas). Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Ad Interim yang didampingi oleh Bupati Malang dan Kepala Puslitbang Hortikultura. Pemecahan rekor ini berlangsung dengan sukses, dan sertifikat diserahkan secara simbolis dari Senior Manajer MURI (Paulus Pangka, SH) kepada Badan Litbang Pertanian. Acara Field day Inovasi Teknologi Tanaman Hias juga dimeriahkan oleh kesenian daerah, tari-tarian khas Malang, stand pameran dan kuliner. Agenda acara mengetengahkan juga kunjungan ke visitor plot teknologi inovasi yang diintroduksikan oleh Balithi (bekerjasama dengan kelompok tani SKAAR), yang meliputi teknologi perbenihan krisan, introduksi varietas unggul krisan, dan pengendalian hama penyakit terpadu yang ramah lingkungan berbasis SOP. Harapan dan komitmen dari rangkaian kegiatan ini adalah keberlanjutan program pengembangan agribisnis krisan di Kabupaten Malang akan lebih meluas dan menjadikan Kabupaten Malang menjadi salah satu sentra produksi utama benih dan bunga krisan nasional.
Acara Field day Inovasi Teknologi Tanaman Hias juga dimeriahkan oleh kesenian daerah, tari-tarian khas Malang, stand pameran dan kuliner. Agenda acara mengetengahkan juga kunjungan ke visitor plot teknologi inovasi yang diintroduksikan oleh Balithi (bekerjasama dengan kelompok tani SKAAR), yang meliputi teknologi perbenihan krisan, introduksi varietas unggul krisan, dan pengendalian hama penyakit terpadu yang ramah lingkungan berbasis SOP. Harapan dan komitmen dari rangkaian kegiatan ini adalah keberlanjutan program pengembangan agribisnis krisan di Kabupaten Malang akan lebih meluas dan menjadikan Kabupaten Malang menjadi salah satu sentra produksi utama benih dan bunga krisan nasional.



Share this Post: