Detail Berita

Kunjungan Tenaga Ahli Mentan Bidang Hilirisasi

Blog Single
Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si menerima kunjungan Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Hilirisasi, Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng, IPU dalam rangka brainstorming pengembangan hilirisasi hortikultura dan kunjungan kerja di Puslitbang Hortikultura pada Selasa, 22 Februari 2022.

Diskusi dihadiri oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias, Plt. Koordinator Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian serta peneliti lingkup Puslitbang Hortikultura.
Dalam sambutannya, Kepala Puslitbang Hortikultura mengatakan bahwa hilirisasi inovasi perlu dilakukan dengan baik. “Kalau hilirisasinya tidak bagus, maka inovasi teknologi yang dihasilkan tidak akan sampai ke stakeholder sehingga tidak dapat digunakan oleh masyarakat.” Kepala Pusat menambahkan bahwa dalam rangka hilirisasi inovasi diperlukan Kerjasama dengan stakeholder, seperti yang telah dilakukan antara Puslibang Hortikultura, Balai Penelitian Tanaman Hias dengan Asbindo untuk hilirisasi tanaman hias.

“Benar, yang perlu dikembangkan dalam hilirisasi adalah kerjasama”, ujar Tenaga Ahli Menteri, Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng, IPU dalam arahannya. “Bagaimanapun hebatnya bibit/proses penanaman, jika hasilnya tidak dapat dinikmati stakeholder berarti tidak ada outcomenya,” tambahnya.

Kini masyarakat sudah lebih mengenal apa itu hortikultura karena kemajuan teknologi informasi, sehingga informasi mengenai produk hortikultura semakin dikenal manfaatnya dan membuat masyarakat tertarik mengetahui lebih dalam, baik mengenai manfaat maupun budidayanya. (Krn)



Share this Post: