Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   

Laporan Tahunan


Inovasi hortikultura juga diperlukan dalam pengembangan produk guna meningkatkan nilai tambah, diversifikasi produk, dan transformasi produk sesuai dengan preferensi konsumen. Tentu saja hal ini sesuai dengan amanat Strategi Kementerian Pertanian yang dirumuskan dalam 7 (tujuh) Gema Revitalisasi dan 4 (empat) Sukses pada Renstra Kementan 2010–2014. Tujuh Gema Revitalisasi adalah: (1) Revitalisasi Lahan; (2) Revitalisasi Perbenihan dan Perbibitan; (3) Revitalisasi Infrastruktur dan Sarana; (4) Revitalisasi Sumber Daya Manusia; (5) Revitalisasi Pemberdayaan Petani; (6) Revitalisasi Kelembagaan Petani; dan (7) Revitalisasi Teknologi dan Industri Hilir. Sedangkan 4 (empat) sukses Kementerian Pertanian yaitu : 1) Swasembada dan swasembada berkelanjutan; 2) Diversifikasi pangan; 3) Meningkatkan daya saing, nilai tambah dan ekspor; dan 4) Peningkatan kesejahteraan. 

Tahun 2015


Laporan Tahunan 2015 merupakan pertanggungjawaban kegiatan Puslitbang Hortikultura dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi Kerja Tahun 2015. Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Laporan Tahunan 2015 Puslitbang Hortikultura dapat tersusun, Secara khusus, laporan ini menyajikan hasil kinerja periode 1 januari-31 Desember 2015, berupa informasi mengenai Organisasi Pelaksanaan Program dan Evaluasi, Perkembangan Pengelolaan Sumber Daya, Sarana dan Prasarana serta Keuangan, Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Hasil-hasil Penelitian Unggulan Balai, Deseminasi Hasil Penelitian Unggulan serta Manajemen Penelitian Lingkup Puslitbang Hortikultura. Laporan ini juga disusun berdasarkan indikator sasaran yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis Puslitbang Hortikultura 2015-2019.

Laporan Tahunan menyajikan pula capaian utama Puslitbang Hortikultura di tahun 2015 yaitu tersedianya varietas unggul baru hortikultura yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sumber daya genetik hortikultura, benih sumber bermutu yang dapat menjawab tantangan perbenihan, tersedianya teknologi produksi hortikultura berbasis pertanian bioindustri. Di samping itu dihasilkan berbagai model diseminasi hortikultura, rekomendasi terkini kebijakan hortikultura, serta kerjasama penelitian dan pengembangan dengan swasta, BUMN, le,baga penelitian lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
Berkas Diunduh Download
Tahun 2015   107499