PUSLITBANG HORTIKULTURA   

Kebijakan Strategis


Untuk menjaga kontinuitas dan konsistensi program litbang, sekaligus menjaga fokus sasaran yang akan dicapai diperlukan Renstra yang terdiri dari Visi, Misi, Kebijakan dan Program untuk dilaksanakan dalam periode tertentu.

Renstra 2015-2019


Rencana Strategis (Renstra) merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang memuat Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai, termasuk strategi, kebijakan, program yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun. Renstra memberikan arah pembangunan organisasi jangka menengah. Rencana Strategis (Renstra) Puslitbang Hortikultura Tahun 2015–2019, merupakan kelanjutan Renstra tahun 2010–2014. Penyusunan Renstra Puslitbang Hortikultura Tahun 2014-2019, berpedoman pada Sembilan Agenda Prioritas Pemerintahan Jokowi-JK (NAWACITA), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Strategi Induk Pembangunan Pertanian (SIPP), Renstra Kementerian Pertanian, Renstra Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian serta Reformasi Perencanaan dan Penganggaran.

Penyusunan Renstra Puslitbang Hortikultura Tahun 2015–2019 dilakukan dengan memperhatikan dinamika lingkungan strategis global yang cenderung akan mendorong perubahan struktur perekonomian dan tatanan global masyarakat dunia ke arah (1) liberalisasi pasar global dan ketidakadilan perdagangan internasional; (2) perubahan sistem dan manajemen produksi; (3) perubahan iklim global dan kelestarian lingkungan; serta (4) kemajuan penemuan dan pemanfaatan teknologi maju. Selain itu Renstra juga disusun dengan memperhatikan dinamika lingkungan strategis nasional yang sangat berpengaruh terhadap arah dan sasaran pembangunan hortikultura pada masa mendatang.

Renstra ini diharapkan dapat mengantarkan Puslitbang Hortikultura menjadi lembaga penelitian & pengembangan hortikultura terkemuka untuk menghela terwujudnya pertanian bioindustri berkelanjutan, melalui hasil invensi dan  proaktif mengembangkan inovasi terobosan serta mendukung penyediaan logistik inovasi di lapangan untuk mendukung pengembangan subsektor hortikultura. Selain itu juga melalui peningkatan kualitas dan kapasitas sumberdaya penelitian, serta memanfaatkannya secara efektif, efisien dan akuntabel untuk mewujudkan kinerja litbang hortikultura yang terkemuka, serta dengan menerapkan corporate management dalam penata kelolaan penyelenggaraan litbang hortikultura dalam menerapkan paradigma scientific recognition dan impact recognition. Mengembangkan jejaring kerjasama nasional melalui penguatan LITKAJIBANGLUHRAP dan kerjasama internasional menuju peningkatan kompetensi yang mampu menghasilkan inovasi terobosan, untuk pengembangan bioindustri hortikultura nasional.
Berkas Diunduh Download
Renstra 2015-2019   11