Untuk hasil terbaik gunakan browser Mozilla Firefox 2.0.0 ke atas atau Internet Explorer 6 ke atas Resolusi layar 1024 X 768 pixels
 
 
balitsa balitbu balithi balitjestro
 
 
# SMS CENTER BENIH SUMBER DAN PLASNANUTFAH HORTIKULTURA (081299105742) # Plasma Nutfah dan Benih Sumber Hortikultura "Clik here" # Telah Terbit Majalah IPTEK 2014 "Selengkapnya"
     
     
 
Beranda > Selengkapnya

   
UKURAN BUAH MANGGA GEDONG GINCU YANG DISUKAI PASAR
Sumber: Puslitbang Hortikultura, Tgl Posting: 30-01-2012

Gedong Gincu merupakan salah satu varietas mangga yang sudah sangat dikenal baik oleh pasar ekspor maupun pasar dalam negeri karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, sehingga sangat diandalkan sebagai sumber pendapatan masyarakat. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh Ditjen Hortikultura dan ACIAR (Pemerintah Australia) diketahui bahwa konsumen mangga di Hongkong menilai bahwa mangga Gedong Gincu memiliki aroma baik, rasa manis dan berserat banyak, namun ukuran buahnya terlalu kecil. Konsumen disana menginginkan mangga yang rasa, warna dan aromanya seperti Gedong Gincu tetapi berukuran besar seperti Arumanis. Untuk meningkatkan ekspor mangga Gedong Gincu perlu dilakukan perbaikan terutama ukurannya menjadi sebesar  Arumanis.

Berdasarkan kajian dan permintaan dari Direktorat Jenderal Hortikultura, maka Puslitbang Hortikultura pada tahun 2011 telah  melakukan kegiatan  penelitian untuk  meningkatkan ukuran buah mangga gedong gincu melalui:
  1. Perbaikan teknologi budidaya untuk memperbesar ukuran buah  varietas mangga Gedong Gincu dengan pemberian pupuk dan penyiraman rutin di kabupaten Majalengka dan Indramayu Jawa Barat2.
  2. Identifikasi dan Karakterisasi hibrida-hibrida F1 hasil silangan dan koleksi mangga Cukurgondang yang mirip dengan gedong gincu tetapi berukuran lebih besar yang dilakukan di Kebun Plasma Nutfah Mangga Cukurgondang Probolinggo Jawa Timur.
Metodologi penelitian kegiatan perbaikan teknologi budidaya untuk memperbesar ukuran buah  varietas mangga Gedong Gincu adalah dengan membandingkan model pengelolaan mangga yang dilakukan oleh petani dan model perbaikan yaitu model petani yang diperbaiki. Perbaikan meliputi pemberian pupuk kandang dan pupuk NPK serta penyiraman rutin. Setiap model terdiri dari 50 tanaman yang seragam baik umur maupun keragaan agronomisnya. Identifikasi dan Karakterisasi  hibrida-hibrida F1 hasil silangan dan koleksi mangga Cukurgondang yang mirip dengan gedong gincu merupakan kegiatan mengkarakter tanaman dan buah hibrida hasil persilangan yang ada ditambah dengan aksesi koleksi mangga Cukurgondang yang mirip dengan gedong gincu. Karakterisasi buah meliputi karakter fisik/visual (bentuk, ukuran dan bobot buah, warna kulit dan daging buah, ukuran biji dan porsi yang dapat dimakan), uji organoleptik serta karakterisasi kimiawi dengan melakukan analisa daging buah untuk mengetahui kandungan asam, gula, TSS, vitamin dan lain-lain. Selanjutnya hasil karakterisasi dibandingkan dengan karekater yang terdapat pada varietas mangga gedong gincu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran buah mangga Gedong Gincu yang ada di Indramayu umumnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan buah mangga Gedong Gincu yang berasal dari Majalengka. Hasil penelitian perbaikan model pengelolaan kebun mangga dengan pemberian pupuk (pupuk kandang dan pupuk NPK), penyiraman seminggu 2 kali di Majalengka ternyata dapat meningkatkan ukuran dan bobot buah mangga Gedong gincu, yaitu dari rata-rata panjang dan diameter buah 8,14 cm dan 7,27 cm pada model petani meningkat menjadi 9,24 cm dan 7,87 cm  pada model perbaikan dengan bobot buah dari 248,67 gram menjadi 315,74 gram atau meningkat sebesar 26,97%. Sedangkan hasil di Indramayu juga menunjukkan pola yang hampir sama, yaitu model perbaikan dapat menghasilkan mangga yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan model petani, yaitu 7,61 gram dan 6,93 cm berbanding 8,04 cm dan 7,17 cm dengan berat 184,44 gram menjadi 213,25 gram atau meningkat sebesar 15,62%.
 

Gambar 1.  Buah mangga Gedong Gincu yang berasal dari model perbaikan (kiri) dan dari
                  model petani (kanan) di Majalengka

 

Gambar 2. Buah mangga Gedong Gincu yang berasal dari model perbaikan (kiri) dan dari
                  model petani (kanan) di Indramayu
 PDF

 
     
 
 Cari :  
 

     
 
INFORMASI LAIN














 
     

     
 
KONTAK ONLINE
Dewan Redaksi:
PuslitHorti

Via Yahoo Messenger Web:

 
     
Untitled Document

 




Kecuali dinyatakan lain, pemilik content, gambar dan desain adalah Badan Litbang Pertanian Cq. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, bagi yang ingin menyebarkan/menggunakan materi yang ada di situs web ini, dipersilahkan dengan mencantumkan alamat situs web ini sebagai sumbernya.


Tentang Kami | Peta Situs | Kontak Kami | © 2009 Web Admin Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
Jl. Raya Ragunan 29A Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12540, Indonesia   Telp: +62 (21) 7805768, 7892205   Fax: +62 (21) 7805135, 7892205
Email: puslitbanghorti@litbang.pertanian.go.id, pushorti@yahoo.com