PUSLITBANG HORTIKULTURA   

Hubungi Kami Melalui Form Di Bawah ini

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan. Apabila untuk alasan tertentu Anda merasa tidak puas dengan pelayanan kami, Anda dapat menyampaikan kritik dan saran Anda kepada kami. Kami akan menidaklanjuti masukan yang Anda berikan dan bila perlu mengambil tindakan untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Kritik dan saran Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda. Silahkan menghubungi kami melalui private message dengan mengklik tombol di bawah ini

Jawaban Kami atas Pertanyaan/pesan Anda
  1. Nama : astri, Email : ri_ade@yahoo.com, Tanggal : 05 Jan 2011, Pertanyaan :
    saya seorang mahsiswi dr Lampung.saya ingin bertanya bagamn jika saya ingin mendptkan jurnal tentang bunga potong gerbera?harap memberikan no contak yang bisa saya hubungi..terimakasih
    Jawaban :
    Primma, tanggal 06 Jan 2011 :
    Selamat siang, terima kasih atas pertanyaanya, maaf untuk jurnal yg anda maksud volume berapa apakah anda melihat di puslitbang horti / ditmpt lain,untuk jurnal yg kami terbitkan anda bisa mendapatkannya gratis untuk keterangan lebih lanjut anda bisa menghubungi balai dibawah kami di : BALITHI, Jl. Raya Ciherang Segunung Pacet Cianjur, Telp. 0263-517056, 514138 Fax. 0263-514138 Email : balithi@litbang.deptan.go.id , untuk puslit horti di : Jl. Raya Ragunan 29A Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12540, Indonesia Telp: +62 (21) 7805768, 7892205 Fax: +62 (21) 7805135, 7892205 Email: puslitbanghorti@litbang.deptan.go.id, pushorti@yahoo.com, semoga jawaban ini membantu anda.

  2. Nama : sulistyo darmono, SP, Email : slz.tyo@gmail.com, Tanggal : 04 Jan 2011, Pertanyaan :
    kami dari UPTD Pertanian kabupaten indragiri hulu mendapati ada spesies nenas yang belum pernah ada sebelumnya yakni memiliki buah per batang s/d 14-15 buah dan ukurannya sedang(tidak kerdil/normal). Dari turunan pertama hingga ke-4 juga tidak berubah (artinya bukan kelainan) dan analisis saya spesies ini bisa menjadi kekayaan plasma nutfah khas indragiri hulu. mohon petunjuk bagaimana kami bisa mengembangkan nenas tsb dengan teknologi kultur jaringan dari puslitbang. Mohon bantuan dan kerjasama dari puslitbang. (mohon alamat email untuk saya kirimkan foto spesies tsb). demikian terima kasih.
    Jawaban :
    Primma, tanggal 05 Jan 2011 :
    Selamat Pagi, terima kasih atas pertanyaan anda, untuk kultur jaringan buah nenas anda bisa menghubungi Balai Penelitian Buah Tropika dibawah kami di : Jl. Raya Solok - Aripan Km 8 Solok -Sumatera Barat, Indonesia Telp. (0755) 20137 Fax. (0755) 20592 e-mail: balitbu@litbang.deptan.go.id, atau bisa kealamat email kami di : puslitbanghorti@litbang.deptan.go.id, pushorti@yahoo.com , akan kami teruskan langsung ke Balitbu, semoga jawaban ini dapat membantu anda.

  3. Nama : rian kurnia dewangga, Email : rian.kurnia@yahoo.com, Tanggal : 03 Jan 2011, Pertanyaan :
    mohon maaf saya rencana ada study tour untuk meneliti tanaman holtikultura, apakah di tempat anda bisa di jadikan lokasi study tour. kami dari sma ipiems surabaya. mohon infonya cp. 081703249047 ( rian )
    Jawaban :
    Primma, tanggal 03 Jan 2011 :
    Selamat siang, menjawab pertanyaan saudara, untuk lokasi khusus yang ada semua tanaman hortikultura kami tidak mempunyai, tetapi apabila khusus kami mempunyai, untuk jawa timur ada di balitjestro, jawa barat ada balithi dan balitsa, sumatera barat balitbu, untuk kontak langsung kebalai kami anda bisa langsung mengklik gambar2 yang ada dibaner web kami, empat macam gambar tersebut adalah mewakili balai-balai yang ada di bawah puslitbang hortikultura

  4. Nama : afdhal, Email : afdhal_06116011@yahoo.co.id, Tanggal : 26 Des 2010, Pertanyaan :
    saya mahasiswa jurusan hama penyakit tumbuhan fakultas pertanian univ. andalas, Padang, SumateraBarat. saat ini saya sedang akan melakukan penelitian mengenai induksi ketahanan tomat menggunakan rhizobakteri. tapi saya kesulitan untuk memperoleh deskripsi varietas tomat yang saya teliti. Gunanya untuk melengkapi proposal penelitian yang akan saya seminarkan. Varietas tomat yang saya maksud yaitu varietas tomat MARTHA F1. saya berharap dewan redaksi atau siapapun yang berkepentingan di situs ini bisa membantu saya dalam memperoleh informasi varietas yang saya maksud, bisa melalui email saya di afdhal_06116011@yahoo.co.id. terimakasih atas supportnya.
    Jawaban :
    Sontanu, tanggal 27 Des 2010 :
    Terima kasih atas pertanyaan yang saudara ajukan. Untuk varietas tomat MARTHA F1 kami tidak mempunyai, semua varietas yang terteta / dicantumkan di website kami adalah varietas yang telah kami uji dan diproduksi secara masal dan telah terdaftar di PVT. Untuk lebih jelasnya anda bisa menghubungi balai kami di Balai Penelitian Tanaman Sayuran Jl.Tangkuban Perahu No. 517 Lembang, Bandung 40391, Indonesia Telp. (022) 2786245 Fax. (022) 2786416 - 2786025 e-mail: balitsa@litbang.deptan.go.id http://balitsa.litbang.deptan.go.id/ind/ Semoga jawaban ini dapat membantu anda.

  5. Nama : Lita, Email : kris_lita@yahoo.co.id, Tanggal : 01 Des 2010, Pertanyaan :
    Mohon informasi tentang \\\\\\\"kerjasama antara perusahaan dengan petani plasma bunga krisan\\\\\\\", apa saja hak dan kewajibannya.. beserta contoh form perjanjian kerjasama petani plasma bunga krisan. thx
    Jawaban :
    Sontanu, tanggal 08 Des 2010 :
    Selamat Pagi, mohon maaf jawaban dari pertanyaan saudara terlambat berikut jawaban atas pertanyaan saudara, Dalam perjanjian kerjasama dengan stakeholder petani krisan ada beberapa bentuk : 1. Penggunaan varietas krisan Balithi secara eksklusif dalam hal ini berarti, petani/perusahan mengadakan perjanjian untuk memperoleh hak eksklusif dalam perbanyakan varietas-varietas Balithi (hanya petani/perusahaan tsb yg memperbanyal dan memasarkan atas benih2 varietas yg diperjanjikan). Royalti dlam hitungan persentase atas harga benih yang dijual dibayarkan kepada negara/Balithi dalam bentuk royalti untuk pemeliharaan benih sumber dan keberlangsungan ketersediaan beih sumber) 2. Asistansi teknologi Balithi bertindak sebagai konsultan teknologi aplikasi budidaya di tingkat petani 3. Kerjasama penelitian (participatory research) Kerjasama penelitian untuk memperoleh suatu teknologi (umumnya berupa pesanan/pemecahan kendala budidaya) yang dibutuhkan petani/perusahaan 4. Kerjasama lainnya Balithi membuka kesempatan seluas-luasnya berbagai macam kerjasama dengan berbagai pihak,seperti penyelenggaraan event atau apapun, sepanjang masih dalam koridor tupoksi Balai Penelitian Tanaman Hias. Umumnya bentuk dan misi kerjasama serta hak dan kewajiban masing-masing pihak akan dibicarakan antara petani/perusahaan dengan Sie. Jasa Penelitian Balithi, hingga dapat dibangun landasan hukum yang baku. (sumber redaktur Balithi Kurniawan Budiarto, SP, MSc)

  6. Nama : Tandy K. Widodo, Email : cr21_jth1@yahoo.co.id, Tanggal : 17 Nov 2010, Pertanyaan :
    Saya ingin sekali membeli produk Bioriza. Dimana/bagaimana saya bisa mendapatkannya? Sebelumnya saya ingin mencoba Technofert dari BPPT, namun saya kesulitan untuk mendapatkan informasi produknya. Saya pikir Bioriza juga produk yang setara. Terima kasih
    Jawaban :
    Primma, tanggal 18 Nov 2010 :
    Selamat Pagi Bioriza/Mikoriza bisa anda dapatkan di Balai Penelitian kami di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, anda bisa menghubungi di Jl. Raya Solok - Aripan Km 8 Solok -Sumatera Barat, Indonesia Telp. (0755) 20137 Fax. (0755) 20592 e-mail: balitbu@litbang.deptan.go.id . Semoga jawaban ini dapat membantu. Terima Kasih.

  7. Nama : mar\'ah, Email : aah_sholih@yahoo.com, Tanggal : 07 Nov 2010, Pertanyaan :
    saya ingin melihat data statistik produksi dari tanaman buah tropika (nanas)...??bagaimana saya dapat mengetahuinya ?untuk expo tanaman buah sementara bertempat dimana?
    Jawaban :
    Sontanu, tanggal 08 Nov 2010 :
    Terima kasih atas pertanyaannya, untuk lebih lengkapnya anda bisa menghubungi Jl. Raya Solok - Aripan Km 8 Solok -Sumatera Barat, Indonesia Telp. (0755) 20137 Fax. (0755) 20592 e-mail: balitbu@litbang.deptan.go.id untuk lebih jelasnya, untuk ekspo bertempat di kebun percobaan sumani/anda bisa mendownload undangan di berita kami tentang ekspo. Semoga informasi ini dapat membantu.

  8. Nama : Yusdar Hilman, Email : yhilman@indo.net.id, Tanggal : 02 Nov 2010, Pertanyaan :
    Berita lebih lengkap dari pada sebelumnya. Masukkan berita kunjungan Kapus dan Ka. Balithi ke Kabupaten Bali dalam pembinaan petani tanaman hias dan tanaman buah strawberry. Masukkan di Iptek: Kiat-kiat pengendalian virus kuning (Gemini pada Cabai), kiat-kiat pengendalian Getah Kuning pada manggis, Pengendalian karat daun pada krisan, Pengendalian Busuk Lunak pada Anggrek Dendrobium, Peningkatan nilai tambah melalui teknologi nano pada sayuran dll. Untuk UPBS banyak yang harus dilengkapi lagi seperti Manajemen stok benih, distribusi benih, instansi/stakeholders yang menerima benih (masih belum traceable/ belum dapat ditelusuri), harap koordinasikan dengan Balitsa, Balithi, Balitbu Tropika, dan Balitjestro. Riwayat hidup profil peneliti Puslitbanghort belum lengkap (koordinasikan dengan Bagian TU. Untuk kerjasama: pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2010 telah dilakukan penandatangan kerjasama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura dan Sakata Seed Corporation (SSC) dalam Pengembangan Bawang Daun (Bunching Onion)komersial. Page-page lainnya harap dilengkapi.
    Jawaban :
    Sontanu, tanggal 02 Nov 2010 :
    Kepada Bapak Yusdar Hilman Baik pak akan segera kami lengkapi semuanya, sambil mengumpulkan data yang lain beberapa akan kami masukkan kedalam. Terima Kasih atas masukannya. Staff KSPHP