PUSLITBANG HORTIKULTURA   

Dukungan Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura

DUKUNGAN PENGEMBANGAN
KAWASAN AGRIBISNIS HORTIKULTURA

Kinerja pembangunan pertanian menunjukkan peningkatan dan terbukti mampu berperan sebagai sektor andalan dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Di sisi lain sejak sepuluh tahun terakhir kontribusi subsektor hortikultura terhadap pembangunan pertanian juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Keberhasilan pembangunan subsektor hortikultura akan terus ditingkatkan melalui  Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura yang merupakan salah satu program strategis Kementerian Pertanian.

Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura membutuhkan dukungan inovasi teknologi, kelembagaan dan kebijakan.  Badan Litbang Pertanian sebagai penghasil inovasi berperan penting terhadap keberhasilan Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura.  Dalam kaitan ini diperlukan koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) terkait.
 
Panduan Umum Program Dukungan Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pemangku kepentingan dalam melaksanakan program tersebut. Keterkaitan antar fungsi yang menjadi mandat tiap institusi sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan dukungan inovasi dalam penerapan Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura.

Penghargaan dan ucapan terima kasih disampaikan kepada nara sumber yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Panduan Umum ini. Saran dan kritik bagi penyempurnaan Panduan Umum ini sangat kami hargai.


Download Panduan : click here
Download JUKLAK : click here