Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator at webmaster@a1b2cd.byseo.co to inform them of the time this error occurred, and the actions you performed just before this error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   

Plasmanutfah dan Unit Produksi Benih Sumber

Sistem Pengelolaan Unit Produksi Benih Sumber Hortikultura

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura melalui UPT-UPTnya (Balit sayuran, buah tropik, tanaman hias, buah sub tropic) sejak tahun 2003 mulai (1) mengadakan benih penjenis VUB (Varietas Unggul Baru) buah, sayur dan tanaman hias, (2) menyusun pedoman tata laksana produksi benih penjenis varietas buah unggul antara lain pisang, manggis, mangga, alpukat, durian, pepaya, salak, duku, jeruk, tomat, cabai, mentimun, kentang, krisan dan mawar (3) menguji pedoman tata laksana produksi benih penjenis pisang dan manggis, cabai, tomat, kentang, krisan dan mawar (4) menginisiasi pembentukan Unit Produksi Benih Sumber.

Dengan asumsi sistem ini dapat diadopsi, dimodifikasi, disempurnakan dan divalidasi maka diperkirakan bahwa proses diseminasi VUB hortikultura yang telah dilepas dapat didiseminasikan tepat mutu, jumlah, waktu dan lokasi sampai di pengguna. Mulai pada tahun 2006 sampai saat ini, produksi benih dilanjutkan pada benih sumber diikuti distribusinya, selaras dengan itu dilakukan penguatan kelembagaan UPBS dengan menerbitkan panduan jaminan mutu, melakukan promosi, koordinasi dan sinkronisasi, baik secara internal lingkup Puslitbang Hortikultura maupun eksternal dengan institusi pengguna benih.

PLASMA NUTFAH HORTIKULTURA

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan pusat asal (center of origin) berbagai jenis flora dan fauna. Posisi geografi Indonesia memberikan peluang bagi berkembangnya keanekaragaman plasma nutfah. Dengan kondisi seperti itu membawa konsekuensi kepada Indonesia untuk wajib mempertahankan keberadaan plasma nutfah sebagai sumber keanekaragaman karena memiliki arti penting dalam pemanfaatannya.

Plasma nutfah merupakan materi penyedia sumberdaya genetis bagi berbagai karakter-karakter penting dan berguna. Upaya pengelolaan dan pemanfaatannya melibatkan berbagai kegiatan yang saling berkait dan berhubungan, mulai dari kegiatan eksplorasi, koleksi atau konservasi, karakterisasi hingga evaluasi.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut dihasilkan sekian banyak data yang bermanfaat bagi upaya pengelolaan maupun bagi calon pengguna yang berminat terhadap nilai guna dari plasma nutfah tersebut. Sementara itu, pemfaatan plasma nutfah untuk kegiatan pemuliaan akan menghasilkan generasi-generasi baru yang dapat diasumsikan sebagai plasma nutfah baru pula.

Masuki ke situs => click here