PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Pisang Ina-03 Kandidat Varietas Unggul Baru Toleran Penyakit Layu Fusarium

Pisang Ina-03 Kandidat Varietas Unggul Baru Toleran Penyakit Layu Fusarium

Solok - Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) berhasil mengembangkan pisang Ina-03 yang sangat toleran penyakit layu fusarium, penyakit utama yang menyerang tanaman pisang segar. Pisang Ina-03 memiliki berbagai keunggulan yang mendekati pisang ideal seperti produktivitas tinggi dan berumur genjah.

Pemulia tanaman buah Balitbu Tropika, Edison HS mengungkapkan, pisang dengan varietas yang mendekati ideal di Indonesia masih terbatas. Saat ini hanya ada 5-8 varietas pisang yang mendekati ideal yaitu Ambon Hijau/Cavendish, Barangan, Mas, Raja, Ketan, Tanduk Candi, dan Kepok Kuning. Karena itu, kehadiran pisang Ina-03 tepat sebagai pilihan bagi para pekebun.

“Pisang ideal adalah berbatang pendek, berumur genjah, daun tegak, tangkai tandan panjang, tangkai buah relatif panjang, dan tahan terhadap organisme pengganggu tanaman,” terang Edison di Kantor Balitbu Tropika, Solok, Sumatera Barat pada Selasa (19/2/2019).

Lebih lanjut Edison menerangkan, Kegiatan perbaikan varietas pisang ini dipayungi RPTP/Proposal perbaikan klon pisang tahun 1989 – 2002. Kegiatan dimulai dengan studi pustaka, penggalian informasi lapang, dan pendalaman infomasi hibridisasi, anthesis serta biologi bunga pisang selama kegiatan berlangsung.