PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Masak air dikuali mendidihnya pelan-pelan Awali dengan benih petik buah kemudian

Masak air dikuali mendidihnya pelan-pelan Awali dengan benih petik buah kemudian

Dalam rangka percepatan pengembangan tanaman buah, Kepala Balitbu Tropika menyerahkan benih durian, salak, mangga, pete, dan jengkol masing-masing 1.500 batang, 1.000 batang, 2.000 batang, 500 batang dan 500 batang kepada Great Giant Food (GGF) tanggal 20 Februari 2019

Terdapat 250 – 300 ribu spesies tumbuhan di dunia, ± 10 ribu spesies diantaranya termasuk dalam katagori yang dapat dimakan (edible crop). Sekitar 10 spesies dapat menyediakan kalori dan protein untuk 60% penduduk dunia. Beberapa spesies tergolong dalam tanaman buah yaitu sebanyak 400 jenis. Kelompok tersebut terbagi lagi dalam katagori buah yang dibudidayakan sebanyak 45%, sedangkan 55% termasuk tumbuhan liar. Sebanyak 45-50% spesies memiliki nilai ekonomi dan menyediakan vitamin dan mineral tinggi (FAO, 2012). Dengan iklimnya yang tropis, Indonesia menjadi salah satu negara Megabiodiversity yang menjadi pusat buah tropika (center of origin). Buah tropika yang terdapat di Indonesia diantaranya yaitu manggis, mangga, pisang, durian, salak, rambutan, duku-langsat, nangka, dan lainnya. 

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) sebagai salah satu instansi pemerintah di bawah koordinasi Puslitbang Hortikultura Kementerian Pertanian memiliki tugas salah satunya yaitu melakukan konservasi sumber daya genetik (SDG) buah tropika melalui ekplorasi dan seleksi varietas unggul. Koleksi SDG buah tropika berada di kebun percobaan yang terletak di beberapa wilayah Indonesia. Jumlah koleksi buah tropika yang dimiliki oleh Balitbu Tropika diantaranya 190 aksesi pisang, 33 aksesi manggis, 298 aksesi (1.148 tanaman) mangga, 136 aksesi durian dan plasma nutfah salak. Melalui kegiatan pengelolaan SDG dan pemuliaan tanaman di Balitbu Tropika telah menghasilkan varietas unggul baru komoditas pisang Kepok Tanjung, pisang INA 03, pepaya Merah Delima, salak Sari Intan, mangga Arumanis 143, mangga Gadung 21, Mangga Manalagi 69, mangga Agri Gardina, mangga Garifta Merah, mangga Garifta Gading, mangga Garifta Kuning, mangga Garifta Orange,  mangga Marifta, dan hasil seleksi variietas unggul seperti: alpokat Mega Gagauan, alpokat Mega Murapi, manggis Ratu Kamang, manggis Ratu Paninggahan, durian dan lain-lain yang dikelola dalam berbagai kawasan kebun induk.