PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Pentingnya Lembaga Penelitian untuk Mengimbangi Kemajuan Teknologi di Dunia

Pentingnya Lembaga Penelitian untuk Mengimbangi Kemajuan Teknologi di Dunia

Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Science Expo (ISE) ke 3 Tahun 2018 di Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD City (Serpong, 1 Nopember 2018). ISE yang berlangsung selama empat hari tersebut mengambil tema Celebration Science and Innovation. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dengan teknologi, dengan ilmu pengetahuan terobosan yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang sulit menjadi mudah dan teknologi juga yang akan membawa Indonesia untuk tetap mampu berjalan beriringan dengan berbagai negara maju di dunia ini. Kita harus kerja cepat dan tepat sasaran kalo tidak ingin tertinggal oleh negara lain. 


Lembaga penelitian pada masa sekarang adalah central untuk menjadikan eksistensi Indonesia di luar sana. Yang besar belum tentu dapat mengalahkan yang kecil tetapi yang cepat pasti bisa mengalahkan yang lambat LIPI perlu bekerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri untuk terus mengembangkan teknologi yang bermanfaat guna mendukung kemajuan dan kemandirian negara.

Puslitbang Hortikultura turut ambil bagian pada celebrating science and Innovation tersebut dengan menampilkan berbagai inovasi teknologi unggulannya yang diharapkan mampu membawa harum Indonesia pada sub sektor hortikultura di dunia.
Hasil inovasi teknologi hortikultura yang ditampilkan meliputi: mangga Arumanis 143, Gadung 21, Golek, Manalagi 69, Garifta Merah, Garifta Gading, Garifta Garifta Orange, Garifta Kuning, Marifta, Peach, Cengkir, Agri Gardina, Ken Layung, Tabher, Campora, Sala, dan mangga Duren.
 
Sementara untuk komoditas sayuran Puslitbang Hortikultura menampilkan cabai Kencana, cabai rawit Rabbani, umbi mini kentang dan TSS bawang merah. Komoditas bunga meliputi aneka bunga potong krisan, bunga tropis dan bunga potong lainnya dan tidak ketinggalan hasil inovasi buah sub tropis seperti anggur (varietas Prabu Bestari, Probolinggo Biru, Probolinggo Super,  Jestro 60 dan Jestro Ag 86) turut juga meramaikan acara tersebut.