PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Workshop Sistem Informasi Benih Sumber dan Sumber Daya Genetik Hortikultura

Workshop Sistem Informasi Benih Sumber dan Sumber Daya Genetik Hortikultura

Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) merupakan unit di bawah manajemen Balai/Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP/LPTP) yang ada di setiap provinsi seluruh Indonesia dan secara resmi berjalan serentak pada tahun 2012. Sumberdaya genetik atau plasma nutfah adalah bahan tanaman, hewan, jasad renik, yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan sifat dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pada tanaman, sumber daya genetik terdapat dalam biji, jaringan, bagian lain tanaman, serta tanaman muda dan dewasa.

Peran serta UPBS dan SDG dalam hal ini adalah saling terkait, SDG yang mengkoleksi data, UPBS yang memproduksi benih sumber hasil dari SDG untuk pemanfaatan lebih lanjut. Untuk menyelaraskan dan menyatukan ide atau gagasan terkait tata kelola materi, data UPBS serta SDG di Balit, maka pada tanggal 24-26 Oktober 2018 bertempat di Mess SDM Kementerian Pertanian, Puslitbang Hortikultura mengadakan Workshop Sistem Informasi Benih Sumber dan SDG.

Kegiatan workshop ini di konsentrasikan untuk koordinasi dan evaluasi pelaksanaan, pemuktakhiran data SDG dan UPBS, meliputi sosialisasi aplikasi UPBS yang baru dan rancangan aplikasi SDG, validasi dan melengkapi data benih sumber serta koleksi SDG, rencana dan kebutuhan informasi ke depan terkait tata kelola UPBS dan SDG.
   

Kegiatan tersebut perlu dilakukan karena pada nyatanya pelaksanaan tata kelola UPBS dan SDG sering mengalami peruahan baik materi maupun dokumen. Peserta workshop terdiri dari pengelola SDG dan UPBS masing-masing Balai Penelitian lingkup Puslitbang Hortikultura, 1 penanggung jawab UPBS dan 1 manajer mutu UPBS Balitsa. Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc. didampingi oleh Plt Kabid KSPHP dan Kasubbid PDHP.