PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Tebang pohon ditepi hutan, pohon ditebang dibagi dua. Lahan rawa masa depan pangan, lahan harapan untuk Indonesia

Tebang pohon ditepi hutan, pohon ditebang dibagi dua. Lahan rawa masa depan pangan, lahan harapan untuk Indonesia

Kalimantan Selatan luar biasa, demikian Direktur Jenderal PSP Kementerian Pertanian Dadih Permana saat menyampaikan ucapan terima kasihnya pada penutupan HPS ke 38 di halaman Kantor Gubernur Kota Banjarbaru, Kalsel. Penutupan HPS yang dilakukan hari ini Minggu 21 Oktober 2018 bukan akhir dari kerja kita melainkan awal dari upaya kita untuk bekerja lebih keras lagi mewujudkan mimpi kita, mewujudkan mimpi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045.

Tepat pukul 11.00 WITA Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menutup secara resmi penyelenggaraan HPS ke 38 di Kalimantan Selatan. Masyarakat Kalsel yang selama ini bergantung kepada SDA tak terbarukan harus kita geser kepada SDA yang terbarukan seperti pertanian, perkebunan, perikanan dll. Pertanian di Kalsel kedepan merupakan satu kesatuan antara perikanan, peternakan, pertanian itu sendiri dan parawisata. Untuk mewujudkannya di Jejangkit Muara telah dibangun Pantai Gading.

Mari kita bangunkan ayam jantan dari timur, mari kita buat ayam jantan dari Sumsel, Sulsel dan Kalsel untuk berkokok dan terus berkokok. Mari kita buat jayalah pangan Indonesia.

HPS ke 38 memberikan banyak apresiasi kepada semua sektor yang terlibat di dalamnya. Salah satunya penghargaan yang diberikan kepada Kementerian Pertanian sebagai Juara Pertama untuk katagori kelengkapan materi inovasi teknologi dan  kerapihan stand pameran. Selamat untuk Kementerian Pertanian RI.