PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Setiap Menit Setiap Jam Sepanjang HPS, Pengunjung Menyemut di Stand Puslitbang Hortikultura

Setiap Menit Setiap Jam Sepanjang HPS, Pengunjung Menyemut di Stand Puslitbang Hortikultura

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tanggal 18-21 Oktober 2018  dipusatkan di Jejangkit Muara dan halaman Kantor Gubernur Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Tema HPS kali ini adalah Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, HPS dibuka secara resmi oleh Menko Perekonomian RI Darmin Nasution. Beberapa tahun ke depan penduduk dunia akan menembus angka 7 milyar dan akan terjadi peningkatan kebutuhan pangan sebesar 70%. Indonesia memiliki semua sumberdaya untuk menjadi lumbung pangan dunia, untuk memberi makan dunia mulai dari lahan pertanian yang luas, air yang melimpah, matahari yang bersinar sepanjang hari sepanjang tahun dan tenaga kerja serta teknologi yang memadai. Melalui HPS ini mari kita bangkitkan semangat nenek moyang kita cyber semangat negara agraris, semangat yang bisa membuat seluruh negara di dunia untuk tidak lagi menganggap kecil Indonesia.


Puslitbang Hortikultura pada acara HPS tersebut menampilkan puluhan hasil inovasi teknologi unggulannya (koleksi dan komersial) meliputi buah dan sayuran seperti: mangga Garifta Merah, Garifta Orange, Kenlayung, Manalagi 69, Garifta Kuning, Golek 31, Gedong Gincu, Marifta 01, Agri Gardina 45, Durih, Cengkir, Duren, Kebo, Manggasari, Madu Anggur, Janis, Madu, Gadung 21, Arumanis 143, jeruk Manis Pacitan, jeruk Keprok Batu 55, jeruk Siam, jeruk Nagami, jeruk Siam Gunung Omeh, jeruk Sitaya, jeruk nipis Nimas, benih bawang merah (Trisula, Sembrani, Bima Brebes, dan Maha Cipanas), kentang Median, keripik kentang, terong Belanda, benih sayuran, benih pepaya, buah pepaya Merah Delima, buah semangka Serif Saga, dan durian Matahari.

Semua materi pameran yang ditampilkan Puslitbang Hortikultura (kecuali benih) bisa dinikmati oleh pengunjung HPS baik di Jejangkit Muara maupun di halaman Kantor Gubernur. Buah mangga, jeruk, semangka,  dan durian seperti magnet bagi pengunjung pameran HPS.