PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Kerjasama antara Puslitbang Hortikultura dengan Perguruan Tinggi

Kerjasama antara Puslitbang Hortikultura dengan Perguruan Tinggi

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Puslitbang Hortikultura dengan STPP Bogor, Universitas Borobudur dan Politeknik Negeri Jember dilakukan di Kantor Puslitbang Hortikultura, pada tanggal 28 Juni 2018. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut dilakukan antara Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Hardiyanto, MSc dengan Ketua STPP Bogor,  Ir. Nasaruddin, MM, Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan  Kerjasama Universitas Borobudur, Prof. Dr. Ir. Darwati Susilastuti, dan perwakilan Direktur Politeknik Jember, Dr. Ir. Rahmat Ali  Syahban, M.Si. Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Balitjestro dan jajaran pejabat struktural Puslitbang Hortikultura.

Selama ini kerjasama antara Puslitbang Hortikultura dengan perguruan tinggi telah berjalan, baik dalam hal penelitian, magang, kuliah kerja profesi, maupun pembimbingan. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini merupakan langkah awal untuk lebih mensinergikan dan memayungi kerjasama yang selama ini telah berjalan antara kedua belah pihak. Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada dalam rangka peningkatan ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan peneliti dan akademisi serta mendiseminasikan dan mengembangkan inovasi hortikultura. Melalui kerjasama ini, Puslitbang Hortikultura mengharapkan adanya suatu percepatan proses hilirisasi inovasi teknologi hortikultura kepada pengguna. Upaya diseminasi yang dapat dilakukan antara lain dukungan Puslitbang Hortikultura pada pengembangan Teaching Farm yang ada di perguruan tinggi dalam bentuk introduksi inovasi siap terap. Disamping itu juga diharapkan adanya kolaborasi penelitian di bidang hortikultura antara peneliti dan akademisi. 

Ruang lingkup Perjajian kerjasama antara Puslitbang Hortikultura dengan STTP Bogor terkait dengan Penyelenggaraan Pendidikan Serta Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Pada Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor. Sedangkan dengan Universitas Borobudur terkait dengan Kerjasama Dalam Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, Publikasi/Seminar dan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Bidang Pertanian, dan dengan Politeknik Negeri Jember terkait dengan Program Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Recruitment Alumni Program Studi Teknik Produksi Benih.

Diharapkan kerjasama ini tidak hanya sebatas pada penandatanganan perjanjian kerjasama saja, namun segera diikuti dengan langkah konkrit sesuai dengan pokok pokok yang telah disepakati bersama dalam perjanjian kerjasama. Bagi pihak perguruan tinggi adanya kerjasama ini merupakan bagian dari akreditasi, dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan dosen. Disamping itu mahasiswa yang nantinya akan terlibat dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan tidak hanya sebatas pada teknik di lapangan, tetapi juga teknik pengolahan dan pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kompetensi lulusan. Dalam sambutannya Kepala Puslitbang Hortikultura memperkenalkan Balai Penelitian lingkup Puslitbang Hortikultura yang dapat mendukung kegiatan kerjasama ini, serta menyampaikan kegiatan strategis Kementan yang terfokus pada komoditas bawang merah, cabai dan bawang putih. Dalam arahannya Kepala Puslitbang Hortikultura mengharapkan perjanjian kerjasama dengan perguruan tinggi ini dapat mempercepat akselerasi diseminasi teknologi yang dihasilkan oleh Puslitbang Hortikultura, dan untuk mencapai keberhasilan dari kerjasama ini perlu dibuat target jangka pendek, serta dilakukan evaluasi secara berkala.