Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Bimtek Perbenihan dan Budidaya Hortikultura Untuk Petani di Makasar

Bimtek Perbenihan dan Budidaya Hortikultura Untuk Petani di Makasar

Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa tahun 2018 adalah tahun hortikultura, maka ditindaklanjuti Kementerian Pertanian tahun 2017 ditetapkan tahun benih dan di tahun 2018 akan distribusikan bibit hortikultura secara besar-besaran. Untuk itu perlu kesiapan petani penerima bibit hortikultura dalam hal budidayanya dan tentu saja keterlibatan di dalam perbenihan. 

Bertempat di Ballroom Angin Mamiri Hotel Dalton Makassar, pada tanggal 19 hingga 20 April 2018 dilaksanakan Bimbingan Teknis Perbenihan dan Budidaya Hortikultura. Kegiatan ini dihadiri oleh 300 petani yang berasal dari 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Pangkep, Bone, Wajo, Enrekang, Luwu timur dan Luwu Utara, serta tamu undangan dari UPTD lingkup Dinas Pertanian Provinsi Sulsel. Pembukaan kegiatan Bimtek diawali dengan ucapan selamat datang dari Kepala Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulsel (Dr. Ir. Abdul Wahid, MS) dilanjutkan dengan arahan dan pembukaan oleh Kepala Puslitbang Hortikultura yang diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbang Hortikultra (Dr. Idha Widi Arsanti, MP).

Dalam arahnya, Kepala Bidang KSPHP menyampaikan bahwa Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura  sebagai salah satu lembaga di bawah Balitbangtan dengan 4 Balai dibawahnya (Balitsa, Balithi, Balitjestro dan Balitbu Tropika) berperan dalam menyediakan varietas unggul baru hortikultura, benih sumber hortikultura, teknologi budidaya produksi hortikultura ramah lingkungan, sumberdaya genetik hortikultura, serta melakukan diseminasi inovasi hortikultura ke pengguna. Selanjutnya Balitbangtan mulai tahun 2017 telah memproduksi benih hortikultura yang akan diserahkan ke petani sehingga buah yang dihasilkan nantinya akan berkualitas dan lebih terjamin serta pendapatan petani meningkat ujar Dr. Idha Widi Arsanti, MP. 

Pada hari pertama sebagai nara sumber adalah Kepala Balitbu Tropika Solok (Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP) dengan materi Budidaya Durian dan Mangga, dilanjutkan dengan Kepala Balitsa Lembang (Dr. Ir. Catur Hermanto, MP) dengan materi Produksi Lipat Ganda (Proliga) Bawang Merah dan Cabai. Pada hari kedua disampaikan materi Budidaya Tanaman Hias oleh Kepala Balithi Cianjur (Dr. Ir. Rudy Soehendi, MP) dilanjutkan dengan materi Budidaya Jeruk oleh Kepala Balitjestro (Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si).

Peserta Bimtek yang hadir sangat antusias dengan mengenakan Rompi Pertanian Maju, Petani Sejahtera berwarna coklat, dan mengikuti kegiatan Bimtek dengan tekun sampai dengan berakhirnya kegiatan pada hari kedua.  Pertanyaan pun cukup banyak disampaikan oleh petani, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu, tidak hanya yang sudah berbudidaya hortikultura namun juga yang baru akan memulai usaha, terutama untuk tanaman hias. 
  
Arahan dan Pembukaan di diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbang Hortikultra (Dr. Idha Widi Arsanti, MP)

Kepala Balitbu Tropika Solok (Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP) menyampaikan materi Budidaya Durian dan Mangga

 
Kepala Balithi (Dr. Ir. Rudy Soehendi, MP) menyampikan materi  Budidaya Tanaman Hias 

Peserta Bimtek Perbenihan Dan Budidaya Hortikultura