Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Kunjungan Tenaga Ahli Bawang Putih Dari Vegetable and Flower Research Institute of Shandong Academy of Agricultural Sciences China ke Balitsa

Kunjungan Tenaga Ahli Bawang Putih Dari Vegetable and Flower Research Institute of Shandong Academy of Agricultural Sciences China ke Balitsa

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan swasembada komoditas bawang putih dapat tercapai di tahun 2021 dengan 73.000 hektar lahan. Beberapa upaya akan dilakukan untuk sesegera mengendalikan impor sekaligus mendorong percepatan swasembada bawang putih nasional. Kementan juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 16 Tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Permentan ini memuat klausul importir bawang putih wajib melakukan tanam di dalam negeri sebesar 5 persen dari total impor yang diajukan. Ini agar produksi dalam negeri meningkat. 

Kerja sama yang baik antar semua pihak sangat dibutuhkan agar program ini benar-benar bisa terealisasi sesuai harapan. Selasa, 27 Maret 2018 melalui Dirjen Hortikultura telah dilakukan kunjungan kerja dari tim ahli bawang putih dari Vegetable And Flower Research Institute Of Shandong Academy Of Agricultural Sciences China ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang. 

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari delegasi China, setelah pada bulan Oktober 2017, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (STO) dan Direktur Benih Hortikultura berkunjung ke China.  Kunjungan tersebut dilaksanakan atas perintah Menteri Pertanian melalui Direktur Jenderal Hortikultura, untuk mengunjungi beberapa negara penghasil bawang putih terbesar dunia dan mempelajari produksi bawang putih di negara tersebut.


Delegasi China di pimpin oleh Mr. Kong dari Shandong University dan beberapa peneliti bawang putih dari Vegetable And Flower Research Institute Of Shandong Academy Of Agricultural Sciences. Sedangkan pendamping dari Indonesia antara lain Direktur STO Ditjen Hortikultura (Dr. Prihasto Setyanto, M.Sc), Kepala Balitsa (Dr. Catur Hermanto), Kasubdit bawang merah dan sayuran umbi (Ir. Mardiyah Hayati, MM), Kasie Pengembangan Kawasan bawang merah dan umbi (Mutia Sari STP., PhD), Kabid KSPHP Puslitbang Hortikultura (Dr. Idha Widi Arsanti) dan para peneliti dari BBP2TP, Balitsa dan BPTP Jawa Barat. 

Kunjungan ke Balitsa diawali dengan kunjungan lapangan ke kebun percobaan Margahayu, Cikole, Lembang, Jawa Barat untuk melihat produksi benih sebar bawang putih yang dilaksanakan oleh tim peneliti Balitsa dan melihat penelitian tentang uji coba berbagai varietas bawang putih dari beberapa negara.
Kunjungan dilanjutkan dengan acara presentasi tentang produksi bawang putih di Indonesia oleh Kepala Balitsa dalam hal ini mewakili Kepala Puslitbang Hortikultura tentang perkembangan penelitian dan pengembangan bawang putih di Indonesia, sedangkan dari China oleh peneliti dari Shandong Vegetable and Flower Research Center, dan dilanjutkan dengan diskusi. 


Kepala Balitsa dalam sambutannya menyambut baik kunjungan ini dan berharap akan ada kerjasama lebih erat terkait penelitian dan pengembangan bawang putih untuk lingkungan yang tropis, sementara itu Direktur STO menyampaikan harapannya agar hasil kerjasama penelitian tersebut dapat bermanfaat baik bagi Indonesia dan RRC maupun umat manusia secara umum. Acara ditutup dengan penyerahan cendermata dari Kepala Balitsa kepada delegasi dari RRC dan foto bersama.