Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Gerbera, Bunga Berdiameter Lebih Dari 8 cm

Gerbera, Bunga Berdiameter Lebih Dari 8 cm

Gerbera atau Hebras (Gerbera jamesonii H. Bolus ex. Hooker) merupakan salah satu komoditas bunga potong yang semakin banyak peminatnya. Keindahan bunga potong gerbera yang sangat eksotik, kaya variasi warna dan bentuk menjadikan gerbera semakin terkenal di masyarakat. Para petani senang menanam gerbera karena dapat dipanen setiap 1 atau 2 minggu sekali, dengan harga jual yang cukup baik. Kuntum bunga besar lebih dari 8 cm menjadikan gerbera sebagai pengganti krisan standar pada dekorasi rangkaian bunga, jika saat-saat tertentu kekurangan pasokan maupun terjadi kejenuhan dari pengguna.

Gerbera juga merupakan tanaman hias bunga dunia termasuk dalam famili bunga matahari. Tanaman hias gerbera mempunyai nilai komersial penting yang digunakan sebagai bunga potong, tanaman pot maupun tanaman hias pada umumnya. Secara global gerbera menempati urutan kelima setelah mawar, anyelir, krisan dan tulip.

Perbanyakkan gerbera dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan memecah rumpun anakan. Teknik ini telah dilakukan berpuluh atau bahkan ratusan generasi. Pemecahan rumpun anakan dengan cara ini dikhawatirkan akan menurunkan kualitas, dimana tanaman gerbera tersebut sebenarnya sudah tua secara fisiologis karena terus menerus diperbanyak dengan cara demikian. Hal ini dapat menyebabkan produktifitas semakin menurun. Dikhawatirkan ditahun-tahun yang akan datang produksi gerbera semakin menurun walaupun luas pertanamannya semakin luas. Untuk itu diperlukan peremajaan tanaman gerbera yang ada di petani melalui perbanyakan kultur jaringan dan penggunaan varietas baru hasil perakitan di dalam negeri. 

Kualitas warna bunga gerbera dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan, baik mikro maupun makro selain karena faktor genetiknya. VUB gerbera yang sudah terdaftar antara lain :  Arkadewi, Candramaya, Awandhini dan Nirwasita.