PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Deli Serdang dan Puslithorti Siap menembus Pasar Ekspor dengan Salak dan Pisang

Deli Serdang dan Puslithorti Siap menembus Pasar Ekspor dengan Salak dan Pisang

Kabupaten Deli Serdang dengan luas wilayah 2.242 km2 dan jumlah penduduk 2.029.308 jiwa, merupakan kawasan yang bertumpu pada sektor pertanian. Sebagian besar lahan di Kabupaten Deli Serdang merupakan lahan pertanian, dengan jumlah Kelompok Tani sebanyak 1.766. Di samping padi, komoditas hortikultura merupakan pengungkit perekonomian masyarakat, terutama durian, pisang barangan, pisang kepok kuning, belimbing, salak dan mangga, yang kesemua varietasnya telah didaftarkan di Kementan.  Untuk dapat mengembangkan potensi wilayah secara optimum, pihak Pemkab merasa perlu untuk bekerjasama dengan Balitbang Kementerian Pertanian. 

Untuk itu dilakukan penandatanganan kerjasama yang selanjutnya pada tanggal 8 Januari 2018, dilakukan penyerahan naskah MoU antara Balitbangtan dengan Pemkab Deli Serdang, di Kantor Bupati Deli Serdang. Bupati Deli Serdang, Bapak H. Ashari Tambunan, yang diwakili Asda bidang Perekonomian, Ibu Ir. Saaddah Lubis dan Ka Balitbangtan yang diwakili Kapuslitbangnak, Ibu Dr. Atin Prianti Sudargo. Hadir Kabid KSPHP Puslitbang Hortikultura, Ka BPTP Sumut, Ka Lolit Kapo dan Ka KP Tongkoh Berastagi. Beberapa SKPD juga hadir dalam acara tersebut. Poin penting yang akan dikerjasamakan adalah pengembangan pertanaman salak dan pisang Brangan, di samping kambing dan sapi potong.
 
Selain Salak Sidempuan, pihak Pemkab mendorong petani untuk mengembangkan Salak Pondoh sejak tahun 2015 seluas 120 Ha. Saat ini yang sudah berbuah seluas 80 Ha. Adapun target dari pengembangan pertanaman salak adalah untuk memenuhi pasar ekspor, terutama ke Singapura, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Pemkab Deli Serdang memerlukan dukungan inovasi hortikultura baik budidaya, panen maupun pasca panen untuk dapat melakukan penetrasi pasar ekspor tersebut, terutama untuk dapat memperoleh ASEAN GAP dan Sertifikasi Organik. Sementara itu, Pisang Barangan yang sangat disukai oleh masyarakat Sumut, saat ini menghadapi permasalahan Fusarium, sehingga menurunkan hasil panen. Inovasi teknologi hortikultura sangat diperlukan untuk dapat menanggulangi permasalah tersebut diatas.  Ke depan Naskah Perjanjian Kerjasama antara Puslitbang Hortikultura dan Dinas Pertanian kabupaten Deli Serdang segera akan ditandatangani, dan kerjasama dapat segera direalisasikan.