PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Mengawali Kegiatan Awal Tahun Anggaran 2018 dengan Konsolidasi Internal

Mengawali Kegiatan Awal Tahun Anggaran 2018 dengan Konsolidasi Internal

Hari pertama masuk kerja Tahun 2018 di Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura diisi dengan Rapat Koordinasi Lengkap. Pertemuan ini sekaligus untuk melakukan check kehadiran seluruh pegawai. Konsolidasi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi capaian kinerja Tahun 2017 dan rencana pelaksanaan kegiatan Tahun 2018. Semua pegawai berkontribusi dalam diskusi dan memberikan sumbang saran pemikiran untuk menuju kondisi yang lebih baik.

Kegiatan konsolidasi dimaksud bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam mencapai target dengan penjabaran secara lebih rinci atas apa yang harus dikerjakan. Dengan memperhatikan keterbatasan Sumberdaya Manusia saat ini, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura mengharapkan kiranya seluruh pegawai senantiasa meningkatkan kemampuannya dengan menggali potensi dirinya, belajar dari pengalaman untuk memperbaiki kekurangan, dan menunjukkan kepiawaiannya dalam mengelola sumberdaya karena akan menjadi contoh bagi pegawai di balai-balai, di bawah koordinasi Puslit.
 
Lebih lanjut Kepala Pusat mengarahkan agar Puslit dapat menjadi “lead” dan menciptakan grand design bagi balit-balit terkait ketatausahaan, keprograman, dan kegiatan diseminasi. Hal penting yang harus diperhatikan adalah penguatan sistem, dan perbaikan database, dan kegiatan yang terintegrasi. Penguatan sistem dan perbaikan database harus mampu mempermudah dan memperlancar kinerja, serta sinergisme antarbalit, bagian/bidang. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan partisipasi semua komponen dengan disiplin, kerjasama, kompak, menghindari internal conflict, kalau terjadi perbedaan harus diselesaikan dengan adanya kesimpulan.

Kepala Pusat juga berpesan, bahwa sebelum memasuki masa purna bhakti, agar semuanya memberikan buah pikiran dan kenangan terbaik bagi kantor. Kondisi asli kantor dapat dilihat dari performa di luarnya. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran-pemikiran yang konstruktif untuk mengkonkritkan buah pikiran tersebut dalam bentuk nyata yang akan menjadi peninggalan bagi generasi mendatang. Khusus kepada Pejabat Eselon IV, Kepala Pusat mengharapkan agar dijalin komunikasi yang efektif di dalam subbagian/subbidang dan lintas bagian/bidang, terintegrasi, bekerja tidak hanya business as usual, dan peduli kepada lingkungan. Selamat Tahun Baru 2018, semoga lebih baik lagi.