Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator at webmaster@a1b2cd.byseo.co to inform them of the time this error occurred, and the actions you performed just before this error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Sembalun Hortikultura Festival

Sembalun Hortikultura Festival

Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu sentra produksi komoditas hortikultura yang ada di Indonesia. Selain itu Sembalun juga menyimpan keindahan tersendiri karena berada di kaki Gunung Rinjani dan merupakan daerah tujuan wisata terutama bagi pendaki yang hendak naik ke puncak Gunung Rinjani.
Sembalun di dunia hortikultura dikenal sebagai salah satu sentra produksi bawang putih lokal di Indonesia. varietas yang dikembangkan di lokasi ini dari sejak dahulu adalah Sangga Sembalun. Selain itu komoditas cabai, kentang, dan sayuran lain juga menjadi tumpuan mata pencarian masyarakat di Sembalun.

Pada tanggal 16 September 2017 Dinas Pariwisata Provinsi NTB bekerjasama dengan SKPD lingkup Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Timur mengadakan acara “Sembalun Hortikultura Festival” yang masuk dalam rangkaian Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017. Pemerintah Provinsi NTB ingin memadukan antara pariwisata dengan sektor pertanian khususnya hortikultura sebagai potensi unggulan untuk Sembalun.

Tim Analisis Kebijakan Puslitbang Hortikultura berkesempatan menghadiri acara Sembalun Hortikultura Festival ini dalam rangkaian acara survey mengenai potensi swasembada bawang putih. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur memberikan keterangan bahwa acara Sembalun Hortikultura Festival ini merupakan kerjasama diantara semua pihak di Provinsi NTB untuk mempromosikan hortikultura di Sembalun. Sesuai dengan judulnya, beberapa komoditas hortikultura produksi petani di Sembalun juga diperlihatkan pada acara ini seperti kentang, cabai, sayur-sayuran, dan tidak lupa bawang putih sebagai komoditas unggulan masyarakat Sembalun.

 
Kemeriahan Sembalun Hortikultura Festival (kiri), Bersama Kepala Dinas Pertnian Kabupaten Lombok Timur (kanan)

Hamparan lahan hortikultura di Sembalun