PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Bawang Merah Demfarm Food Estate Panen Perdana

Bawang Merah Demfarm Food Estate Panen Perdana

Humbahas- Sabtu (30/1/21) dilaksanakan Panen Perdana Bawang Merah pada lahan Demfarm Food Estate (FE) Hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara.

Pelaksanaan Program Food Estate (FE) berbasis Hortikultura yang berlokasi di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan telah berlangsung selama kurang lebih enam bulan, tiga komoditas utama yang dikembangkan terdiri sari kentang, bawang merah dan bawang putih. 

Panen Perdana Komoditas Bawang Merah varietas Batu Ijo dilaksanakan pada lahan Demfarm yang dikelola oleh Badan Litbang Pertanian seluas 5 ha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, MSi selaku Penanggung Jawab Kegiatan Demfarm, didampingi Kepala Balitsa Dr. Harmanto, Kepala BPTP Sumatera Utara dan Kepala KP Brastagi selaku koordinator lapangan demfarm. 

Turut hadir Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura (Fitjen Hort) Ir. Tommy Nugraha, MM. beserta unsur Pemerintah Daerah yang terdiri dari Wakil Bupati Humbang Hasunduta (Humbahas), Sekretaris Daerah (Sekda) Humbahas, Dinas Pertanian Humbahas, Dinas Pertanian Sumut, juga perwakilan sari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta petani, Penyuluh, Off Taker yang akan menjadi Mitra pengembangan Food Estate selanjutnya.

Berdasarkan hasil ubinan bawang merah Batu Ijo yang mencapai 42 ton/ha panen basah, atau sekitar 20 ton/ha kering. Hasil ini tentu saja sangat menggembirakan mengingat lokasi pertanaman ini adalah lahan bukaan baru. 

Kepala Pusat Litbang Hortikultura sangat mengapresiasi kinerja tim yang sudah bekerja keras mengawal penerapan teknologi dari awal hingga saat ini dapat dilakukan panen perdana. Beliau sangat mengharapkan agar petani kooperator yang terlibat tetap bersemangat dan optimis untuk keberlanjutan kegiatan ini kedepan. (RH)