PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Mimba Alternatif Pengendali Opt Ramah Lingkungan Pada Komoditas Sayuran

Mimba Alternatif Pengendali Opt Ramah Lingkungan Pada Komoditas Sayuran

Mimba (Azadirachta indica, Meliaceae) merupakan salah satu jenis tumbuhan sebagai bahan pestisida yang paling intensif diteliti dan dibeberapa negara seperti India, Thailand dan USA telah beredar produk komersial berbahan baku ekstrak biji mimba. 

Mimba mempunyai fungsi ganda karena selain dikenal sebagai pestisida juga sebagai bahan pupuk, penghijauan dan juga sebagai bahan obat dan kosmetika sehingga disebut juga sebagai sebagai tumbuhan multi-fungsi. Diketahui 35 bahan aktif yang terkandung dalam mimba diantaranya adalah azadirachtin, salanin, meliantriol, nimbin dan nimbidin. 

Senyawa aktif insektisida dari mimba telah dilaporkan berpengaruh terhadap lebih dari 400 spesies serangga hama. Selain itu  menyediakan makro-nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman, membantu meningkatkan hasil tanaman, bio-degradable dan ramah lingkungan serta sangat baik sebagai kondisioner tanah.

Biji mimba bersifat anti jamur dan menghambat pertumbuhan jamur Fusarium sp., bahan organik yang diperkaya mimba dapat mengurangi serangan penyakit kecambah pada tanaman kapas. Bungkil atau dedak biji mimba merupakan bahan pupuk organik yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Bungkil mimba juga masih mengandung bahan aktif pestisida nabati yang bermanfaat bagi pengendalian OPT tanaman.
  
Kelebihan lain dari kompos mimba diantaranya adalah: Meningkatnya daya tahan tanaman terhadap serangan OPT, ramah lingkungan, dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, kaya akan vitamin, mineral dan enzim, meningkatkan persentase nitrogen dalam tanah, dapat digunakan sebagai soil conditioner, tidak beracun dan dapat menurunkan pH tanah. 

Wiwin Setiawati, Abdi Hudayya dan Ahsol Hasyim - Puslitbang Hortikultura