PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Kerjasama Pengembangan Anggrek PT Wilis Agro Lestari

Kerjasama Pengembangan Anggrek PT Wilis Agro Lestari

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Hortikultura Dr. Muhammad Taufiq Ratule turut menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja (Project Agreement) antara Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) dengan PT. Wilis Agro Lestari yang dilaksanakan Selasa (26/1/21) di lokasi PT. Wilis Agro Lestari Subang - Jawa Barat.

Dalam wawancaramya Taufiq menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama yang telah dibuat oleh Puslitbang Hortikultura dengan Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) yang juga sebelumnya telah didahului oleh penandatanganan MoU antara Kepala Balitbangtan dengan Ketua Umum Asbindo beberapa waktu lalu sebagai bentuk penerapan teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan kepada pengguna.

Taufiq menambahkan tahap awal kerjasama ini adalah dengan penyediaan teknologi benih dan pemanfaatan varietas unggul yang dimiliki Balitbangtan juga akan dilakukan pendampingan pengembangan kualitas SDM oleh Balithi ke pihak PT Wilis Agro Lestari.

Kepala Balithi, Dr. Muhammad Tamrin dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat terhadap masyarakat khususnya yang bergerak di bidang udaha tani tanaman hias.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Puslitbang Hortikultura didampingi Keoala Balithi dan tim peneliti Balithi menyempatkan meninjau lokasi budidaya anggrek phalaenopsis di PT. Wilis Agro Lestari. Terdapat berbagai jenis phalaenopsis dikembangkan di lokasi tersebut dengan berbagai corak dan karakter bunga.