PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Tanaman Hias Anthurium Bakeri Hook

Tanaman Hias Anthurium Bakeri Hook

Anthurium bakeri termasuk dalam seksi Porphyrochitonium yang merupakan salah satu seksi dari genus Anthurium (family Araceae).  Sistematika penggolongan seksi pada genus Anthurium telah mengalami beberapa perubahan.

Anthurium bakeri merupakan salah satu anggota seksi Porphyrochitonium yang mempunyai ukuran batang dan seludang bunga (spathe) lebih kecil dari dibandingkan dengan spesies lainnya dalam seksi Porphyrochitonium. Warna seludang dan tongkol bunga umumnya berwarna hijau saat masih muda, sedangkan A. schezerianum spesies lain dalam seksi yang sama mempunyai seludang bunga dan tongkol dengan bentuk dan warna yang lebih menarik.  Pada umumnya, A. bakeri dapat menghasilkan biji 1-2 per buah, meskipun pada beberapa spesies dalam seksi Porphyrochitonium dapat menghasilkan 2-3 biji per buah.

Tanaman Anthurium bakeri banyak digunakan sebagai tanaman hias dalam pot berdaun indah dan daun potong untuk dekorasi interior dan taman. Sampai saat ini belum ada laporan spesifik mengenai penggunaan tanaman untuk keperluan lainnya, seperti religius atau medis. 

Efek menjuntai daun A. bakeri menjadikan daun tanaman ini juga digunakan dalam rangkaian bunga.  Hingga kini belum terdapat pengusahaan khusus komersial A. bakeri untuk produksi daun potong.  

Tanaman A. bakeri umumnya dipasarkan dalam bentuk tanaman tumbuh dalam pot dan dijual bersama-sama dengan tanaman berdaun indah atau berbunga dalam pot lainnya oleh pengusaha komersial atau kolektor tanaman hias.

Pada umumnya, A. bakeri mempunyai kandungan kristal kalsium oksalat.  Pada setiap spesies dan organ, level kandungan kristal oksalat berbeda satu sama lain, hingga pada bagian tepung sarinya. Kristal oksalat ini bersifat racun bagi hewan vertebrata dan manusia dan dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Bila senyawa in tertelan atau terhirup akan menyebabkan gangguan pernafasan dan pencernaan