PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Dukungan Puslitbang Hortikultura untuk Program Food Estate di Humbang Hasundutan

Dukungan Puslitbang Hortikultura untuk Program Food Estate di Humbang Hasundutan


Humbang Hasundutan merupakan salah satu wilayah yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo sebagai lokasi Food Estate guna penopang cadangan logistik strategis pertahanan negara. 

Beberapa waktu lalu Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke kawasan demonstration farm (demfarm) Humbang Hasundutan dan menyampaikan bahwa Lahan-lahan yang berpotensi agar dioptimalkan sehingga meningkatkan nilai komoditi pertanian yang tentu harga jualnya bisa lebih tinggi.

Mentan juga menjelaskan bahwa pengembangan kawasan food estate hortikultura menjadi salah satu program super prioritas Kementerian Pertanian pada tahun ini. Komoditas utama yang dikembangkan meliputi kentang sebagai bahan baku industri, bawang merah dan bawang putih.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) selaku Unit Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut mendukung persiapan pengembangan kawasan food estate di daerah tersebut.

Pada tahap awal disiapkan teknologi dan benih varietas unggul komoditas hortikultura untuk lahan 15 Hektar yang akan ditanam di kawasan food estate Humbang Hasundutan. Balitbangtan juga telah menjadikan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP) Gurgur sebagai pusat perbenihan komoditas kentang, bawang merah dan bawang putih.

Dr. Muhammad Thamrin, Kepala Balitsa yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Puslitbang Hortikultura dalam kunjungannya ke Humbang Hasundutan beberapa waktu lalu menyampaikan pengolahan lahan sudah selesai 100% dan saat ini sedang dilanjutkan ke tahap pembuatan bedengan. Targetnya akhir September ini sudah siap penanaman dan pada bulan Oktober ini ketiga komoditi tersebut akan siap untuk ditanam. “selain hortikultura Ke depan akan dikembangkan pula berbagai komditi lainnya komoditi perkebunan dan peternakan,” ujar Thamrin. (irman firmansyah)