PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Pastikan Ketersediaan Pangan, Puslitbanghorti Turun Ke Kota Tegal

Pastikan Ketersediaan Pangan, Puslitbanghorti Turun Ke Kota Tegal

Kota Tegal, 22 Juni 2020. Puslitbanghorti Balitbangtan Kementan berkomitmen mengawal ketersediaan pangan khususnya dalam masa pandemi COVID-19. Sebagai penanggungjawab kegiatan pendampingan program strategis Kementan wilayah Kab.Brebes, Kota Tegal, Kab Tegal dan Kab. Pemalang, Puslitbanghorti turun ke lapang untuk memastikan realisasi luas tambah tanam mencapai target yang ditetapkan.

Dalam pertemuan di Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan  Pangan Kota Tegal, Kabid Pangan Dan Pertanian, Agoes Marka Poetra, SH menyampaikan optimisme tercapainya target LTT sesuai target. Dari target 202 ha bulan April - September, realisasinya sudah mencapai 140 ha. Beberapa permasalahan yang dihadapi Kota Tegal adalah salinitas yang tinggi banjir Rob dari Utara dan banjir saat musim hujan dari Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Kabid KSPHP Puslitbang Hortikultura Dr. Rudi Hartono  beserta tim mengunjungi sejumlah lokasi yang terdampak banjir antara lain Kelurahan Caboan, Kelurahan Pesurungan Kidul dan Lor serta Bayeman.

Dengan segala permasalahan tersebut dan meskipun luas lahan sawah hanya 382,33 ha namun kebutuhan pangan masyarakat Kota Tegal senantiasa tercukupi dari wilayah kabupaten terdekat. Kota Tegal mempunyai pasar beras Martoloyo dan UD Bumirejo yang menjadi pusat transaksi beras dari berbagai wilayah dengan pemasok utama dari Kudus, Demak dan Bumiayu. Selain pusat transaksi beras, pasar tersebut juga melakukan pemrosesan beras ke dalam berbagai kelas dari mulai yang biasa hingga yang premium. Dengan keberadaan pusat bisnis pangan ini dan tercapainya target LTT padi maka Kota Tegal dapat mencukupi kebutuhan pangannya. (RAN/RH)