PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Webinar Invensi dan Inovasi Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Webinar Invensi dan Inovasi Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura melaksanakan Kegitan webinar yang dilakukan secara Daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung memalui Chanel youtube dan Facebook Puslitbang Hortikultura, Rabu 17 Juni 2020.
Acara dengan narasumber Dr.Haryono, MSc , Dosen Universitas Bina Nusantara dan Yudho Baskoro, Msi, MPP, kabag Pemantauan dan evaluasi program dan anggaran Kemenristek-Brin mengambil tema Invensi dan Inovasi Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern dibuka secara resmi oleh Plt. Kapuslitbang Hortikultura Ir. Syafaruddin, Ph.D Peserta sebanyak 270 orang terdiri dari peneliti lingkup balitbangtan, dinas dan perguruan tinggi

Revolusi industri 4.0 hanya ada dua pilihan transformasi atau adapatasi yang merupakan bagian dari ekosistem inovasi global. Kunci teknologi 4.0 antaralain Artifical Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Advanced Robotics, Virtual Reality dan 3D Printing. Untuk mengukur daya saing diukur dengan 12 kriteria yang dikelompokan menjadi 4 kelompok yaitu enabling environment, human capital, markets, innovation ecosystem.

Untuk mewujudkan pertanian yang maju, modern, dan mandiri, Kementan juga mengeluarkan kebijakan yang memiliki empat fokus utama. Pertama, peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian, serta peningkatan kapasitas SDM pertanian. Kedua, penerapan pertanian berbiaya rendah melalui peningkatan efisiensi dan pengembangan kawasan berbasis korporasi. Ketiga, pengembangan dan penerapan mekanisasi serta akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi. Keempat, ekspansi pertanian melalui perluasan pemanfaatan lahan termasuk lahan rawa dan sub optimal lainnya, serta penyediaan air (irigasi, embung, dan bangunan air lainnya).