PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Mediasi dengan CV Saninco Seed Indonesia, Selangkah lagi menuju lisensi Cabai Kencana

Mediasi dengan CV Saninco Seed Indonesia, Selangkah lagi menuju lisensi Cabai Kencana

Lembang (19/12/2019). Berita baik datang di penghujung tahun 2019, dimana CV Saninco Seed Indonesia telah mendapatkan izin dari Kepala Badan Litbang Pertanian untuk melisensi cabai keriting varietas kencana. Izin tersebut didapatkan oleh perusahaan sebagai buah dari hasil verifikasi secara bersama sama antara BPATP, Puslitbang Hortikultura dan Balitsa pada bulan oktober 2019 yang menyatakan bahwa perusahaan memenuhi syarat untuk melisensi cabai kencana. 

Untuk itu pada tanggal 19 Desember 2019 bertempat di Balitsa, Lembang, Bandung dilakukan mediasi lisensi yang dihadiri oleh CV Saninco Seed Indonesia, BPATP, Kasubid kerjasama Puslitbang Hortikultura, Koordinator Kerjasama Balitsa, peneliti cabai kencana dan perwakilan dari UPBS Balitsa. Pada pertemuan tersebut disepakati bersama perjanjian kerjasama lisensi yang akan ditandatangani oleh perusahaan dan Balitsa.     Penandatanganan PKS akan dilakukan secara sirkular yaitu oleh perusahaan terlebih dahulu. 

Segera setelah kedua belah pihak menandatangani PKS, perusahaan telah berkomitmen untuk melaporkan rencana produksi. Diharapkan pada tahun 2020 nanti cabai kencana semakin memasyarakat dan berkontribusi terhadap stabilisasi harga cabai nasional.