PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Workshop Penulisan KTI Internasional Bersama Jurnal Agrivita Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Workshop Penulisan KTI Internasional Bersama Jurnal Agrivita Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Puslitbang Hortikultura menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Internasional selama 2 hari, pada tanggal 17-18 Desember 2019. Bertempat di Ruang Rapat Merah Delima, Kantor Puslitbang Hortikultura, acara tersebut diikuti oleh 54 orang peserta yang berasal dari UK/UPT Balitbangtan lingkup Jabodetabek dan Sukamandi. Mayoritas peserta yang hadir ialah peneliti, hadir pula perwakilan dari redaksi pelaksana Jurnal Hortikultura.
 

Acara tersebut menghadirkan dua narasumber dari Jurnal Agrivita yaitu Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS selaku Ketua Editor dan Silvia Santi Wahyuni, SE selaku Editor Pelaksana. Materi yang disampaikan antara lain Strategi Penulisan Artikel Publikasi Internasional, Strategi Mendapatkan Data Dukung/Referensi yang Kredibel untuk Penulisan KTI Internasional, Teknik Aplikasi References Tools, Submisi Artikel Internasional melalui OJS, Pembuatan Account ID Researcher dan Palgiarism Cheker. Materi tersebut tentunya sangat menunjang dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas peneliti dalam menghasilkan KTI Internasional yang berkualitas.
 

Sejalan dengan tujuan pelaksanaan acara, Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc menyampaikan pesan bahwa pentingnya peningkatan kompetansi peneliti Balitbangtan dalam menghadapi tantangan sebagai peneliti yang semakin berat. Saat ini peneliti tidak hanya dituntut untuk melakukan penelitian namun juga harus menghasilkan karya inovasi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya petani.
 

Di akhir acara narasumber memberikan apresiasi kepada peserta workshop yang aktif mengikuti acara dengan mengajukan pertanyaan atau berkonsultasi terkait teknik agar dapat menghasilkan KTI yang berkualitas. Dengan diadakan acara tersebut diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peneliti yang hadir dan dapat diteruskan kepada rekan-rekan yang berada di UK/UPT masing-masing untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi peneliti lingkup Balitbangtan.