PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Garifta Merah Menjadi Primadona di HPS ke 39

Garifta Merah Menjadi Primadona di HPS ke 39

Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang dilaksanakan di pelataran Eks MTQ Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tanggal 2 - 5 November 2019. Di hari kedua diselenggarakan pameran HPS masyarakat sangat antusias untuk mengunjungi Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 Pasalnya, sejak pagi masyarakat tersebut sudah mulai berkunjung di area pameran untuk menyaksikan produk-produk unggulan yang dipamerkan salah satunya Mangga Garifta Merah.

Penampilan buah mangga varietas Garifta Merah sangat menarik dengan warna kulit kemerahannya menjadi daya tarik tersendiri dikarenakan pengunjung baru melihat jenis mangga dengan warna merah yang sangat menarik. Produksi buah rata - rata mencapai 62 kg/pohon/tahun. Warna daging buah kuning kemerahan, bentuk buah jorong dengan panjang 14 - 16,5 cm, permukaan kulit buah halus, tekstur daging agak lunak berserat halus. Rasa buahnya manis segar dan aromanya harum kuat. Berat per buah adalah sekitar 220 - 320 g.

Keunggulan mangga varietas ini dapat beradaptasi baik pada dataran rendah di ketinggian 1 - 200 m dpl. Buah memiliki kandungan air 83,1 - 86%, kandungan vitamin C 45,5 mg/100 g, kandungan gula 15,5 o brix, kadar asam 0,21%. Varietas ini potensial dikembangkan secara komersial oleh agro industri buah - buahan, karena warna yang sangat eksotik, dan rasa 
buahnya manis menyegarkan.