PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Antusiasme Masyarakat Sulawesi Tenggara Mendapatkan Benih Pepaya Merah Delima, Gratis..!! Di Pameran HPS ke 39

Antusiasme Masyarakat Sulawesi Tenggara Mendapatkan Benih Pepaya Merah Delima, Gratis..!! Di Pameran HPS ke 39

Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang dilaksanakan di pelataran Eks MTQ Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Masyarakat Sultra sangat antusias untuk mengunjungi stand pameran Kementerian Pertanian terutama stand Puslitbang Hortikultura. Pasalnya, sejak pagi masyarakat tersebut sudah mulai berkunjung di area pameran untuk mendapatkan benih pepaya merah delima yang dibagikan secara cuma-cuma kepada pengunjung pameran.

Pepaya MERAH DELIMA memiliki karakter warna daging buahnya merah orange, daging buah tebal ( >3cm ), rasa sangat manis ( TSS :11-14? Brix), produktivitas diatas 70t/ha ukuran buah sedang dengan bobot rata-rata 1,2kg/buah. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kestabilan sifat morfologi dan kualitas maupun kuantitas buahnya.

Pepaya MERAH DELIMA mempunyai karakter kualitatif yang hampir mirip dengan pepaya CALLINA, Perbedaannya antara lain pada penampilan punggung buah dan bentuk rongga tengah. Pada pepaya CALLINA punggung buah relatif lurus dan rata sedangkan pepaya MERAH DELIMA punggung buah agak bergelombang. Demikian juga dengan bentuk rongga tengah CALLINA tidak teratur sedangkan pepaya MERAH DELIMA mempunyai bentuk rongga seperti bintang bersudut lima.

Keunggulan lain pepaya MERAH DELIMA yaitu daging buah lebih tebal, rasanya lebih manis dengan kadar gula ( TSS ) rata-rata
14┬░Brix. Produktivitas tanaman dapat mencapai 90 ton/ha/empat bulan, dengan jumlah populasi 1200 tanaman/ha. Pepaya MERAH DELIMA dapat ditanam dengan jarak tanam 2x2m, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi. Pepaya ini dapat dipanen pada umur 7-8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun. 

Pepaya MERAH DELIMA akan dapat memacu pengembangan dan produksi buah dan benih pepaya  nasional. Terpenuhinya kebutuhan buah dan benih pepaya dalam negeri yang berkelanjutan, bermutu tinggi dan disukai masyarakat dapat mengurangi 
ketergantungan impor buah dan benih pepaya nasional sehingga berdampak positif terhadap peningkatan devisa negara. Selain itu dengan diperolehnya VUB pepaya MERAH DELIMA akan dapat meningkatkan luas wilayah pengembangan pepaya sehingga produksi nasional pepaya akan meningkat. Apabila ketersediaan buah pepaya yang berkualitas tercukupi maka daya beli masyarakat di dalam dan di luar negeri terhadap buah pepaya tersebut akan meningkat dan diiringi dengan meningkatkan pendapatan petani.