PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Puslitbang Hortikultura Sukses Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Aplikasi Online untuk Pengumpulan Data dan Informasi

Puslitbang Hortikultura Sukses Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Aplikasi Online untuk Pengumpulan Data dan Informasi

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) telah sukses mengadakan workshop dengan tema Penulisan Policy Brief Dan Buku Ilmiah Populer,  serta Pembuatan Aplikasi Online Untuk Mengumpulkan Data Dan Informasi. Workshop yang berlangsung selama dua hari, tanggal 30-31 Oktober 2019, di Puslibang hortikultura ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan para peneliti dan staf  dari lingkup Puslitbang Hortikultura, serta Puslit/Balai Besar lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). 


Acara ini dibuka oleh Kepala Puslitbang Hortikultura yang diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Hortikultura, Dr. Waryat, SPt, MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan tanggapan atas arahan dalam pidato Presiden RI periode 2019-2024, yaitu membangun SDM Indonesia yang terampil dan menguasi IPTEK. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM khususnya lingkup Balitbangtan.
  
Kegiatan hari pertama yaitu workshop penyusunan policy brief  dan buku  ilmiah populer, dengan narasumber Prof. Dr. Pantjar Simatupang, MS, Dr. Rachmat Hendayana, MS dan Drs. M. Jawal Anwarudin Syah, MS, disampaikan bahwa policy brief dan buku ilmiah populer  sangat penting mengingat Balitbangtan merupakan lembaga riset yang dituntut untuk menghasilkan invensi, teknologi, dan inovasi yang dapat diadopsi oleh masyarakat.
  

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan workshop Pembuatan aplikasi online untuk mengumpulkan data dan informasi dengan narasumber Amita Rahmat M.Si. Workshop ini memperkenalkan aplikasi google drive dalam pengisian form kuesioner online untuk survey penelitian, serta pengumpulan data dan informasi lainnya.