PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Balitbangtan Gelar Bimtek Budidaya Bawang Merah, Bawang Putih dan Durian, Tingkatkan Kualitas Petani Milenial

Balitbangtan Gelar Bimtek Budidaya Bawang Merah, Bawang Putih dan Durian, Tingkatkan Kualitas Petani Milenial

Dalam rangka mendukung kegiatan petani milenial, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) untuk Petani Milenial di kantor BPTP NTB (24/10/2019).

Dalam bimtek ini, sebanyak 96 petani milenial yang mengembangakan Bawang Merah, Bawang Putih dan Durian terdiri dari petani asal kabupaten lombok tengah dan lombok timur.

Kepala Balai Pengkajian Teknolog Pertanian (BPTP) Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si menyebutkan, petani milenial harus selalu belajar demi kemajuan pertanian.

Petani milenial merupakan ujung tombak pertanian Indonesia kedepan. Untuk itu petani milenial diharapkan dapat mengedepankan teknologi pertanian dalam usaha taninya agar lebih efisien dan efektif.

Adapun materi yang disampaikan pada bimtek ini adalah Teknologi Budidaya Bawang Merah, Teknologi Bawang Putih disampaikan oleh Prof. Dr. Ahsol Hasim dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) dan Teknologi Budidaya Durian disampaikan oleh Dr. Panca Jarot Santoso dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropik).

Setelah mengikuti Bimtek petani milenial ini diharapakan lebih cepat mengadopsi teknologi produksi dan sertifikasi benih.