PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Bidik Pasar Sumatra, Cv Saninco Seed Indonesia Bersiap Melisensi Cabai Kencana

Bidik Pasar Sumatra, Cv Saninco Seed Indonesia Bersiap Melisensi Cabai Kencana

Cabai merah kencana lagi lagi dilirik oleh perusahaan swasta. Kali ini adalah CV Saninco Seed Indonesia di Jember yang menunjukkan keseriusannya untuk melisensi cabai kencana. Pada tanggal 27 september 2019 telah dilakukan verifikasi lisensi secara bersama sama antara Puslitbang hortikultura, BPATP dan Balitsa untuk menilai kelayakan perusahaan sebagai penerima lisensi.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Santoso selaku Direktur utama, Bapak Natanai Pasaribu selaku Direktur marketing dan Bapak Ir Muhammad Toha selaku Direktur penelitian berkenan untuk berdiskusi dan menyampaikan profil perusahaan. Perusahaan yang telah mengembangkan benih sayuran sejak 2017 ini tertarik melisensi cabai kencana karena ingin membidik pasar cabai di Sumatera. Bukan tanpa alasan, keyakinan tersebut didasarkan dari hasil uji pasar yang menunjukkan preferensi konsumen di Sumatera pada cabai kencana. Perusahaan tersebut juga telah melakukan uji multilokasi di Pidie, Takengon, Langkat, Alahan Panjang, Kayu aro, Bengkulu dan Lampung. Target yang ditetapkannya tak tanggung tanggung yaitu 100 kg benih per provinsi per tahun.

Berbagai persyaratan lisensi secara bertahap telah dilengkapi oleh perusahaan. Saat ini perusahaan tengah menyusun pola kemitraan dengan petani untuk dilampirkan dalam pendaftaran lisensi. Satu lagi bukti jika varietas Balitsa memang primadona.